Santika, mei (2024) Strategi Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif Kerajinan Sulaman Tangan di Nagari Panampuang Saiyo. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (COVER - DAFTAR ISI)
COVER SAMPAI DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I WM FIXXXXXXXXXX.pdf - Published Version Download (313kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III WM FIXX.pdf - Published Version Download (263kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5 SAMPAI DAFUS.pdf - Published Version Download (221kB) |
|
Text (FULL TEXT)
FULL TEXT SKRIPSI MEEI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Strategi pengembangan usaha adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh usaha mikro dalam memperluas bisnis mereka. Strategi ini memberi arahan dan mengatur langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi, dengan mempertimbangkan peluang dan ancaman eksternal serta sumber daya dan kemampuan internal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang telah dijalankan oleh usaha mikro berbasis ekonomi kreatif sulaman tangan di Nagari Panampuang Saiyo dan memberikan alternatif strategi yang sesuai dengan posisi dan keadaan usaha saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu data dari informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis SWOT untuk membantu analisis penelitian dalam penentuan posisi dan alternatif strategi pengembangan usaha ekonomi kreatif sulaman tangan di nagari Panampuang. Strategi usaha yang digunakan dalam data penelitian ini meliputi strategi produk, promosi dan distribusi. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa strategi produk usaha sulaman tangan di nagari Panampuang berdasarkan matrik IE berada pada sel IV yaitu tahap hati-hati dengan strategis stabilitas. Sedangkan hasil analisis diagram SWOT berada pada kuadran I yaitu memiliki peluang dan kekuatan besar. Alternatif strategi produk sesuai matrik SWOT yaitu strategi SO. Untuk strategi promosi usaha sulaman tangan di nagari Panampuang berdasarkan analisis matrik IE berada pada sel IV yaitu tahap hati-hati dengan strategi stabilitas. Sedangkan hasil analisis diagram SWOT berda pada kuadran II yaitu memiliki ancaman cukup dari luar dan kekuatan internal untuk menghadapi. Alternatif strategi promosi sesuai matrik SWOT yaitu strategi ST. Untuk strategi distribusi usaha berdasarkan analisis matrik IE berada pada sel I yaitu tahap pertumbuhan dengan strategi konsentrasi melalui integritas vertikal. Sedangkan hasil analisis diagram SWOT berada pada kuadran I yaitu memiliki peluang dan kekuatan besar. Alternatif strategi distribusi sesuai matrik SWOT yaitu strategi SO. Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pengembangan Usaha, Ekonomi Kreatif,Kerajinan Sulaman Tangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Strategi Pengembangan Usaha, Ekonomi Kreatif,Kerajinan Sulaman Tangan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FEBI |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 05:47 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 05:48 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21738 |
Actions (login required)
View Item |