Lubis, Khoirun Nisa (2024) Layanan Perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (754kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (416kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version Download (203kB) |
|
Text (BAB 5-DAPUS)
BAB 5-DAPUS.pdf - Published Version Download (255kB) |
|
Text (FULL TEXT)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pustakawan dalam pengembangan layanan perpustakaan, mengidentifikasi kendala-kendala dalam pengembangan layanan perpustakaan dan mengetahui dampak dari upaya pengembangan layanan perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengembangan layanan perpustakaan di SMAN 3 Bukittinggi memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan minat baca siswa, keterampilan informasi, dan kemandirian belajar siswa. Strategi pustakawan dalam pengembangan layanan perpustakaan di SMAN 3 Bukittinggi yaitu: pertama, strategi menciptakan layanan prima agar pengunjung yang datang ke perpustakaan merasa puas dengan layanan yang diberikan pustakawan. Kedua, strategi dalam mempromosikan perpustakaan dimana para pemustaka melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi warga sekolah. Ketiga, strategi dengan melakukan survei kecilkecilan kepada seluruh anggota masyarakat sekolah mulai dari guru hingga siswa. Keempat, menyediakan waktu untuk konsultasi individual dengan siswa untuk membantu mereka menemukan bahan bacaan atau sumber informasi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Kelima, pengelolaan sarana dan prasarana perpustakaan dimana pustakawan memberikan fasilitas yang nyaman sesuai dengan kebutuhan para pemustaka. Keenam, menyelenggarakan sesi pelatihan untuk mengembangkan keterampilan literasi siswa. Ketujuh, memberikan penghargaan atau intensif kepada siswa yang aktif menggunakan perpustakaan. Kendala dan tantangan dalam melakukan pengembangan layanan perpustakaan di SMAN 3 Bukittinggi adalah seperti keterbatasan anggaran, kurangnya sumber daya manusia, kurangnya kesadaran minat baca siswa, kurangnya ketersediaan koleksi buku yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Sekolah |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Komputer, Ilmu Informasi dan Karya Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi > Layanan Sirkulasi Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FAH |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 21:52 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 21:52 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21684 |
Actions (login required)
View Item |