Alfiah, Syaidah (2024) Kualitas Pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang dengan Menggunakan Metode Service Quality (SERVQUAL). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-daftar isi)
Cover-daftar isi.pdf - Published Version Download (758kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (296kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version Download (424kB) |
|
Text (BAB 5- DAFTAR PUSTAKA)
BAB 5-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (182kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan kualitas layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Fokus penelitian menggunakan model service quality (Servqual) yang terdiri dari 5 dimensi yaitu bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy). Metode Servqual ini tepat untuk mengukur bagaimana kualitas pelayanan yang dilihat dari persepsi pemustaka, ke lima dimensi servqual tersebut mencakup library as place (fasilitas dan prasarana perpustakaan) dan affect of service (kemampuan pustakawan). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas layanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang tergolong baik dan sesuai dengan harapan pemustaka. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode Service Quality dengan 5 dimensi menghasilkan nilai rata-rata kualitas layanan yaitu 1,025 menunjukkan nilai lebih dari 1 dan Untuk nilai GAP rata-rata kelima dimensi bernilai positif dengan skor keseluruhan GAP 0,0399. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang tergolong baik. Pemustaka puas terhadap pelayanan yang diberikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Perpustakaan, Servqual |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Komputer, Ilmu Informasi dan Karya Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi > Layanan Sirkulasi Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FAH |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 17:22 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 17:22 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21680 |
Actions (login required)
View Item |