Pengaruh Penerapan Strategi Linghtening The Learning Climate terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih

Hernanda, Irfandi (2024) Pengaruh Penerapan Strategi Linghtening The Learning Climate terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Irfandi Hernanda 2014010075 Cover.pdf - Published Version

Download (617kB)
[img] Text (BAB I)
Irfandi Hernanda 2014010075 BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (BAB III)
Irfandi Hernanda 2014010075 BAB III.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text (BAB V-DAPUS)
Irfandi Hernanda 2014010075 BAB V.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Irfandi Hernanda 2014010075 Full Teks Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya peserta didik yang kurang fokus, bosan, mudah jenuh pada saat jam pembelajaran, berdampak pada pemahaman yang di dapatkan dari penyampaian materi oleh guru, hal tersebut dikarenakan strategi pembelajaran yang terlalu terfokus pada penyampaian materi sehingga kurang menarik bagi peserta didik sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik, karenanya diperlukannya sebuah inovasi baru berupa perencanaan pembelajaran menarik dengan menerapkan strategi lightening the learning climate, merupakan strategi pembelajaran yang mendatangkan iklim belajar yang menyenangkan serta meringankan iklim belajar di kelas agar mengurangi rasa bosan, jenuh dan monoton dalam kelas, strategi ini diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan yang di alami peserta didik dalam proses pembelajaran Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu (1). Untuk mengetahui hasil belajar sebelum penerapan strategi Lightening the Learning Climate di MTsN 9 Agam. (2). Untuk mengetahui hasil belajar setelah penerapan strategi Lightening the Learning Climate di MTsN 9 Agam. (3). Untuk mengetahui pengaruh strategi Lightening The Learning Climate terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih di kalas VIII, MTsN 9 Agam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 9 Agam tahun ajaran 2023/2024. desain penelitian ini yaitu One Group Pre-test and Post-test Design atau dikenal dengan penelitian satu kelas (pre eksperimen). pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen setelah penerapan strategi lightening the learning climate berada pada klasifikasi sedang, sedangkan hasil belajar sebelum adanya penerapan memiliki klasifikasi sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis uji yang dilakukan pada SPSS 26, maka diperoleh sig α < 0,05 artinya 0,001 < 0,005 artinya Ha yang mengatakan terdapat pengaruh strategi lightening the learning climate terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih Kelas VIII di MTsN 9 Agam diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Linghtening the Learning Climate, Hasil belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:30
Last Modified: 28 Aug 2024 04:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21616

Actions (login required)

View Item View Item