Penerapan Model Blended Learning dengan Aplikasi Facebook terhadap Keterampilan Komunikasi dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA

Nufrianti, Cia (2024) Penerapan Model Blended Learning dengan Aplikasi Facebook terhadap Keterampilan Komunikasi dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dan Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (861kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan komunikasi dan pemahaman konsep peserta didik yang diajar menggunakan MBL-Fb lebih baik dari pada yang diajarkan menggunakan metode konvensional pada materi Fluida kelas XI di SMAN 9 Sijunjung. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah counter balanced design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI di SMAN 9 Sijunjung pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas sampel, yaitu kelas XI Fisika F1 dan XI Fisika F2 yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Model pembelajaran blended learning yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbasis aplikasi facebook yang digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran online. Instrumen untuk aspek keterampilan komunikasi diukur menggunakan lembar observasi dan aspek pemahaman konsep diukur menggunakan tes berbentuk soal objektif. Analisis data aspek keterampilan komunikasi menggunakan statistics descriptive dan analisis data aspek pemahaman konsep untuk menguji hipotesis menggunakan Uji-t yaitu t-Test: Two sample assuming equal variances. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini bisa memberikan hasil lebih baik dalam hal keterampilan komunikasi dan pemahaman konsep. Pada aspek lisan di kelas eksperimen menujukan nilai keterampilan komunikasi peserta didik lebih baik dari pada kelas kontrol (71% > 68%). Dan pada aspek interpersonal di kelas eksperimen menunjukan nilai keterampilan komunikasi peserta didik lebih baik juga dari pada kelas kontrol (73,5% > 67%). Pada setiap aspek pemahaman konsep juga terlihat bahwa pada pembelajaran MBL-fb lebih baik dari pembelajaran dengan model konvensional (87% > 71%). Berdasarkan hasil output t-Test: Two Sample Assuming Equal Variances pada materi fluida juga diperoleh nilai t Stat (t hitung) 5,31 > t Critical one-tail (t tabel) 1,65. Hal ini menunjukan bahwa MBL-Fb memberikan hasil pemahaman konsep yang lebih baik. Berdasarkan ini maka bisa direkomendasikan MBL-Fb dapat digunakan dalam pembelajaran Fisika untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan membuat pemahaman konsep menjadi lebih baik. Dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Blended Learning Facebook, Keterampilan Komunikasi, Pemahaman Konsep
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Komunikasi
Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Tajuk Subjek > Sains, Ilmu Pengetahuan > Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:15
Last Modified: 20 Aug 2024 02:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21331

Actions (login required)

View Item View Item