Pengaruh Muslim Friendly Destination dan Wawasan Lingkungan Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung di Eco Park Syariah Tan Kayo Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat di Mediasi Oleh Image Destinasi

Fauziah, Jihan (2024) Pengaruh Muslim Friendly Destination dan Wawasan Lingkungan Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung di Eco Park Syariah Tan Kayo Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat di Mediasi Oleh Image Destinasi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
cover-daftar isi jihan.pdf

Download (949kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1 jihan.pdf

Download (588kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3 jihan.pdf

Download (890kB)
[img] Text (BAB V-DAPUS)
bab 5 - dapus jihan.pdf

Download (701kB)
[img] Text (FULL TEXT)
JIHAN FAUZIAH 2016030037 SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Muslim Friendly Destination Dan Wawasan Lingkungan Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Di Eco Park Syariah TanKayo Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat Di Mediasi Oleh Image Destinasi” disusun oleh Jihan Fauziah, dengan NIM 2016030037, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Negeri Imam Bonjol Padang.Penelitian ini dilatarbelakangi karena faktor wisata halal telah menjadi fenomena baru dalam industri kepariwisataan yang mulai banyak dilirik oleh wisatawan muslimpada saat sekarang ini. Adapun yang melatarbelakangi lainnya yaitu karena pariwisata di destinasi Eco Park Syariah Tan Kayo ini merupakan pariwisata syariah yang baru hadir dimasa pandemic covid-19 pada tahun 2022 lalu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung di Eco Park Syariah dengan jumlah populasi 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik accindental sampling. Penelitian ini menggunakan system olah data SEM-PLS 4.0, pada penelitian ini peneliti menggunakan 4 variabel yaitu Muslim Friendly Destination (X1), Wawasan Lingkungan (X2), Keputusan Wisatawan (Y), Image Destinasi (Z). Hasil dari penelitian ini adalah: 1) variabel Muslim Friendly Destination (X1) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung (Y) di Eco Park Syariah Tan Kayo Tanah Datar Sumatera Barat. 2) Adanya pengaruh positif signifikan wawasan lingkungan terhadap keputusan wisatawan berkunjung di Eco Park Syariah Tan Kayo Tanah Datar Sumatera Barat. 3) Image Destinasi (Z) memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung (Y). 4) Muslim Friendly Destination (X1) berpengaruh negatif dan tidak signifikan melalui Image Destinasi (Z) terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung (Y) di Eco Park Syariah Tan Kayo Tanah Datar Sumatera Barat. 5) Wawasan Lingkungan (X2) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan melalui Image Destinasi (Z) terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung (Y) di Eco Park Syariah Tan Kayo Tanah DatarSumatera Barat. Penelitian ini mengalami keterbatasan, maka dari itu peneliti memberi saran untuk memperluas jumlah sampel, melibatkan variasi lokasi, dan mempertimbangkan faktor-faktor eksternal yang lebih luas untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang fenomena ini agar penelitian selanjutnya dapat menghasilkan penelitian yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Muslim Friendly Destination, Wawasan Lingkungan, Keputusan Wisatawan, Image Destinasi
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:53
Last Modified: 16 Aug 2024 08:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21274

Actions (login required)

View Item View Item