Pengaruh Islamic Financial Literacy Terhadap Financial Management Behavior Pada Pemilik Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Padang Dimediasi Oleh Financial Attitude

Hayati, Isra' (2024) Pengaruh Islamic Financial Literacy Terhadap Financial Management Behavior Pada Pemilik Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Padang Dimediasi Oleh Financial Attitude. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
SKRIPSI ISRA HAYATI NIM. 2016030071 (COVER -DAFTAR ISI).pdf - Published Version

Download (817kB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI ISRA HAYATI NIM. 2016030071 (BAB I).pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI ISRA HAYATI NIM. 2016030071 (BAB III).pdf - Published Version

Download (633kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
SKRIPSI ISRA HAYATI NIM. 2016030071 (BAB V-DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI ISRA HAYATI NIM. 2016030071 (FULL TEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi dampak Islamic financial literacy terhadap financial management behavior pada pemilik usaha mikro kecil (UMK) di Kota Padang melalui financial attitude. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melibatkan kuesioner dan analisis dilakukan menggunakan uji SEM PLS. Populasi yang diteliti adalah pemilik UMK di Kota Padang yang bergerak dalam sektor kuliner (makanan dan minuman). Sampel diambil dengan metode purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 150 orang yang dipilih berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Islamic financial literacy berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap financial management behavior. Hal ini dikarenakan pengaplikasian akan Islamic financial literacy yang dimiliki dalam pengelolaan keuangan usaha masih kurang maksimal. Meskipun demikian, Islamic financial literacy dapat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap financial attitude dan financial attitude juga demikian dapat berpengaruh dan bisa memediasi hubungan antara Islamic financial literacy terhadap financial management behavior. Oleh karena itu, pentingnya untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman keuangan serta kebiasaan dalam menerapkan pengetahuan keuangan dalam pengelolaan keuangan usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islamic Financial Literacy, Financial Management Behavior dan Financial Attitude
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:22
Last Modified: 08 Aug 2024 05:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21250

Actions (login required)

View Item View Item