wanprestasi pengadaan ambulance pemerintah pada rumah sakit umum daerah dr. Rasidin padang dalam perspektif etika bisnis Islam

Pratama Putra, Iqbal (2024) wanprestasi pengadaan ambulance pemerintah pada rumah sakit umum daerah dr. Rasidin padang dalam perspektif etika bisnis Islam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi IQBAL.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Bab I)
Bab 1 iqball.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
Bab III iqbal.pdf - Published Version

Download (630kB)
[img] Text (Bab V-Daftar Pustaka)
Bab V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text (full)
Iqbal Pratama Putra NIM 1813040114 FullText (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Wanprestasi Pengadaan Barang Pemerintah Pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin Padang Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam, ditulis oleh Iqbal Pratama Putra Nim 1813040114, Prodi Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi adanya wanprestasi dalam proses pelaksanaan pengadaan barang di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin Padang, dalam proses pengadaanya telah terjadi bentuk wanprestasi yang menyebabkan pihak Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin Padang mengalami kerugian baik itu secara materil maupun formil. Berdasarkan latar belakang di atas pertanyaan penelitian ada dua, yakni: Pertama, bagaimanakah bentuk wanprestasi pengadaan barang pemerintah di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin Padang?. Kedua, bagaimanakah tinjauan etika bisnis Islam terhadap wanprestasi pengadaan barang rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin Padang?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer di dapatkan dari informan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, dan skripsi. Metode analisis data adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu: Pertama, bentuk wanprestasi yang dilakukan oleh pihak CV. Kana Surya Sejahtera adalah tidak memberikan speksifikasi kendaraan alat angkut darat kendaraan bermotor (ambulance) yang sesuai dengan standar mentri kesehatan. Kedua, pihak CV. Kana Surya Sejahtera telah lalai dan kurang teliti pada saat proses pengadaan sehingga menyebabkan tindakan yang dilakukan tidak sesuai dengan etika bisnis Islam. Tindakan yang dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah Rasidin dr. Padang kepada CV. Kana Surya Sejahtera adalah meminta ganti rugi serta memperbaiki segala bentuk wanprestasi yang telah dilakukan, permasalahan ini sudah diputuskan melalui jalur persidangan pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: wanprestasi pengadaan barang, etika bisnis Islam
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General) > Hukum
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 21 May 2024 08:33
Last Modified: 21 May 2024 08:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21091

Actions (login required)

View Item View Item