Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Anai

Melinia, Ayu Nana (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Anai. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover)
Ayu Nana Melinia - 1914090091 - COVER - DAFTAR ISI FIX.pdf - Published Version

Download (667kB)
[img] Text (BAB I)
Ayu Nana Melinia_1914090091_BAB I.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (BAB III)
Ayu Nana Melinia_1914090091_BAB III.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (BAB V)
Ayu Nana Melinia_1914090091_BAB V.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text
Ayu Nana Melinia - 1914090091 - FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi dalam pembelajaran pada peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Batang Anai, diantaranya: Pemahaman konsep peserata didik yang belum optimal di karena peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar seperti pengunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan sulit untuk berkonsentrasi, yang membuat peserta didik kesulitan dalam memahami konsep-konsep pembelajaran yang berlangsung dari latar belakang ini maka penelitian ini memiliki tujuan yaitu : Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas penerapan model discovery learning dapat mempengaruh pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperiment dengan rancangan penelitian uji pre-test dan pos-test pada kelas kontrol dan kelas ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelasVIII di SMP N 1 Batang Anai sampel penelitian yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen di SMP N 1 Batang Anai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji Pre-test dan Post- test. Data analisis secara deskriptif yang didahuli dengan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh dari model Dicovery Learning, dilihat dari tes yang telah diisi oleh peserta didik dengan rata-rata kelas eksperimen 81,5 dikarenakan pada kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning sedangkan kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata kelas kontrol 67. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan maka diperoleh sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Pembelajaran IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 May 2024 08:11
Last Modified: 16 May 2024 08:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21086

Actions (login required)

View Item View Item