Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Melalui Home Industri Keripik Singkong di Jorong Kapuah Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok

Yoza, Aprimadi Elfita (2024) Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Melalui Home Industri Keripik Singkong di Jorong Kapuah Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
APRIMADI ELFITA YOZA 1712040074 COVER SAMPAI LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
APRIMADI ELFITA YOZA 1712040074 BAB 1 WATERMARK.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Bab 3)
APRIMADI ELFITA YOZA 1712040074 BAB III WATERMARK.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (Bab 5)
APRIMADI ELFITA YOZA 1712040074 BAB V WATERMARK (1).pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Fulltext)
APRIMADI ELFITA YOZA 1712040074 SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembahasan skripsi ini beranjak dari pokok permasalahan bagaimana peran perempuan dalam meningkatkan ekonomi melalui home industri keripik singkong di Jorong Kapuah Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Peran perempuan selalu identik dengan peran produktif dan peran reproduktif mereka. Peran produktif dipahami sebagai bagaimana perempuan mengelolah home industri yang mereka jalankan melalui indikator-indikator kinerja mereka. Sedangkan peran reproduktif dipahami sebagai peran perempuan sebagai seorang istri, sebagai seorang ibu dan peran perempuan dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran produktif dan perempuan melalui home industry keripik singkong dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan untuk mengetahui peran reproduktif perempuan sebagai pemilik home industry di jorong kapuah nagari sumani Kecamtan X Koto Singkarak. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan analisis dekriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang perempuan pemilik home industri keripik singkong yang ada di Jorong Kapuan Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, dengan mencari data yang valid. Kemudian penyajian data dalam bentuk teks naratif, dan melakukan penarikan kesimpulan untuk kegiatan akhir dalam proses analisa data. Hasil peneliti menunjukkan bahwa dalam hal peran produktif, para kaum perempuan pemilik home industri keripik singkong yang ada di Jorong Kapuan Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak telah melakukan pekerjaannya dengan baik yaitu dengan kualitias dan kuantitas kegiatan yang dilakukan, efesiensi, disiplin, inisiatif, ketelitian, kepemimpinan, dan kreativitas dalam melakukan kegiatan. hal utama yang mendasari pendirian home industri keripik singkong yaitu masalah ekonomi. Dalam hal peran reproduktif para kaum perempuan pemilik home industri keripik singkong yang ada di Jorong Kapuan Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak dengan melakukan kegiatan nya sebagai istri, ibu rumah tangga dan peran dalam masyarakat telah dilakukan dengan baik serta mendahulukan peran reproduktif nya dibanding dengan peran produktif mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran perempuan, Ekonomi, Home industri keripik
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 17 May 2024 04:23
Last Modified: 17 May 2024 04:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21060

Actions (login required)

View Item View Item