Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMAN 1 Padang

Munawaroh, Nur (2024) Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMAN 1 Padang. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (BAB 1)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 BAB I.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (BAB II)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 BAB II.pdf - Published Version

Download (589kB)
[img] Text (BAB III)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 BAB III.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (BAB IV)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 BAB IV.pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (459kB)
[img] Text (FULL TEXT)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu upaya menjaga kemurnian Al-Qur’an adalah dengan menghafalnya. Akan tetapi minat anak-anak zaman sekarang untuk membaca Al-Qur’an tergolong rendah dan hanya 34% anak yang tertarik dan serius untuk menghafal Al-Qur’an. Faktanya menghafal ayat-ayat Al-Qur’an sendiri memiliki peran dalam upaya meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu fokus penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh intensitas menghafal Al-Qur’an peserta didik terhadap kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritualnya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional dan adakah pengaruh antara intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual serta adakah hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan kecerdasan emosional peserta didik di SMAN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis korelasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Padang tahun ajaran 2023/2024. Jumlah populasi sebanyak 430 dan sampel sebanyak 204 dengan teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan memperoleh hasil kesimpulan, pertama, intensitas menghafal Al-Qur’an berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional dengan taraf kepercayaan 99%. Kedua, intensitas menghafal Al-Qur’an berpengaruh positif terhadap kecerdasan spiritual dengan taraf kepercayaan 99%. Dan ketiga, Kecerdasan spiritual memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosiona dengan taraf kepercayaan 99%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Intensitas menghafal Al-Qur’an, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Riset Penelitian Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 30 Mar 2024 06:40
Last Modified: 30 Mar 2024 06:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20932

Actions (login required)

View Item View Item