Munawaroh, Nur (2024) Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMAN 1 Padang. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER - DAFTAR ISI)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (435kB) |
|
Text (BAB 1)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 BAB I.pdf - Published Version Download (408kB) |
|
Text (BAB II)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 BAB II.pdf - Published Version Download (589kB) |
|
Text (BAB III)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 BAB III.pdf - Published Version Download (383kB) |
|
Text (BAB IV)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 BAB IV.pdf - Published Version Download (542kB) |
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (459kB) |
|
Text (FULL TEXT)
NUR MUNAWAROH NIM 2120010012 FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu upaya menjaga kemurnian Al-Qur’an adalah dengan menghafalnya. Akan tetapi minat anak-anak zaman sekarang untuk membaca Al-Qur’an tergolong rendah dan hanya 34% anak yang tertarik dan serius untuk menghafal Al-Qur’an. Faktanya menghafal ayat-ayat Al-Qur’an sendiri memiliki peran dalam upaya meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu fokus penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh intensitas menghafal Al-Qur’an peserta didik terhadap kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritualnya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional dan adakah pengaruh antara intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual serta adakah hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan kecerdasan emosional peserta didik di SMAN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis korelasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Padang tahun ajaran 2023/2024. Jumlah populasi sebanyak 430 dan sampel sebanyak 204 dengan teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan memperoleh hasil kesimpulan, pertama, intensitas menghafal Al-Qur’an berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional dengan taraf kepercayaan 99%. Kedua, intensitas menghafal Al-Qur’an berpengaruh positif terhadap kecerdasan spiritual dengan taraf kepercayaan 99%. Dan ketiga, Kecerdasan spiritual memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosiona dengan taraf kepercayaan 99%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas menghafal Al-Qur’an, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Riset Penelitian Agama Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pusat Riset Pascasarjana |
Date Deposited: | 30 Mar 2024 06:40 |
Last Modified: | 30 Mar 2024 06:40 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20932 |
Actions (login required)
View Item |