Pengaruh Media Ritatoon terhadap Pemahaman Literasi Sains pada Pembelajaran IPAS Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 22 Koto Baru Solok

Hidayanti, Fitri (2024) Pengaruh Media Ritatoon terhadap Pemahaman Literasi Sains pada Pembelajaran IPAS Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 22 Koto Baru Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover dll)
COVER-DAFTAR ISI SKRIPSI Fitri hidayanti.pdf - Published Version

Download (933kB)
[img] Text (BAB I SKRIPSI FITRI)
BAB I SKRIPSI FITRI.pdf - Published Version

Download (614kB)
[img] Text (BAB III SKRIPSI FITRI)
BAB III SKRIPSI FITRI.pdf - Published Version

Download (656kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI FITRI)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI FITRI.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text (full)
SKRIPSI Fitri Hidayanti Fultext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman literasi sains peserta didik yang masih rendah karena minimnya penggunaan media dalam pembelajaran serta kurangnya respon peserta didik dan kecenderungan menghafal dari pada memahami, menyebabkan kemampuan pemahaman literasi sains peserta didik masih rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran ritatoon terhadap pemahaman literasi sains peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 22 Koto Baru Solok Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design (eksperimen semu). Desain yang digunakan adalah Counter Balanced Design Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV A Dan IV B sebanyak 52 peserta didik, pengambilan sampel yang diambil dengan menggunakan cluster sampling. Kelas yang dipilih sebagai kelas literasi sains adalah kelas media ritatoon. teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai tes kelas media ritatoon 78,85, sedangkan kelas media buku paket 69,62 berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS 20 diperoleh dua signifikan dalam dua sisi atau sig (2 tailed) sebesar 0,006 maka dapat diambil kesimpulan bahwa 0,006 > 0,005 oleh karena itu dapat dikatakan Hi yang berbunyi tidak dapat pengaruh media pembelajaran ritatoon terhadap pemahaman literasi sains peserta didik, Hi ditolak dan Ha diterima. Yang artinya terdapat pengaruh media pembelajaran ritatoon terhadap pemahaman literasi sains peserta didik pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 22 Koto Baru Solok. Kata kunci: Media Ritatoon, Pemahaman Literasi Sains.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Ritatoon, Pemahaman Literasi Sains
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 21 May 2024 07:38
Last Modified: 21 May 2024 07:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20708

Actions (login required)

View Item View Item