Pengaruh Strategi Group Learning Berbantuan Media Poster terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 5 Padang

Nurkhamsah, Adli (2024) Pengaruh Strategi Group Learning Berbantuan Media Poster terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 5 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (FILE COVER DAN DAFTAR ISI)
1. FILE COVER DAN DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (FILE BAB I)
2. FILE BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (FILE BAB III)
3. FILE BAB III.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (FILE BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
4. FILE BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (FILE SKRIPSI FULL TEXT)
5. FILE SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini ialah rendahnya minat belajar peserta didik, hal ini disebabkan oleh pembelajaran konvensional yang diterapkan pendidik sehingga peserta didik merasa jenuh dan bosan saat proses pembelajaran berlangsung serta pendidik belum bervariasi dalam menerapkan media dalam pembelajaran. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya minat belajar peserta didik, salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi group learning berbantuan media pembelajaran berupa poster. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar peserta didik sebelum menerapkan strategi group learning berbantuan media poster pada mata pelajaran Akidah Akhlak, mengetahui minat belajar peserta didik setelah menerapkan strategi group learning berbantuan media poster pada mata pelajaran Akidah Akhlak, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi group learning berbantuan media poster pada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap minat belajar peserta didik kelas VII di MTsN 5 Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTsN 5 Padang tahun 2023/2024 semester genap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas ekperimen adalah kelas VII 2 dan kelas kontrol adalah kelas VII 1. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji hipotesis dengan SPSS versi 26 atau sig (2-tailed) diperoleh sebesar = 0,000. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,005) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan thitung > ttabel yaitu 11,658 > 1,669 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan ketika menerapkan strategi group learning berbantuan media poster dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (ceramah) pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTsN 5 Padang. Maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar peserta didik yang menerapkan strategi group learning berbantuan media poster lebih baik daripada minat belajar peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran poster.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Group Learning, Media Poster, Minat Belajar
Subjects: Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 06:39
Last Modified: 30 Mar 2024 06:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20658

Actions (login required)

View Item View Item