Peran Pustakawan Dalam Transfer Pengetahuan Terhadap Organisasi Forum Literasi Santri di Perpustakaan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib-Parabek Bukittinggi

Cova, Anes (2024) Peran Pustakawan Dalam Transfer Pengetahuan Terhadap Organisasi Forum Literasi Santri di Perpustakaan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib-Parabek Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover-Daftar Isi Anes.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Anes.pdf - Published Version

Download (870kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Anes.pdf - Published Version

Download (733kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-Daftar Pustaka Anes.pdf - Published Version

Download (671kB)
[img] Text (Full Text)
Full Teks Skripsi Anes.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pengetahuan merupakan aset penting dalam meningkatkan kualitas SDM. Perpustakaan sebagai tempat penyimpan dan penyebar informasi memiliki peran penting dalam transfer pengetahuan. Di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, terdapat Forum Literasi Santri yang bertujuan untuk meningkatkan literasi santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pustakawan dalam transfer pengetahuan pada Forum Literasi Santri di Perpustakaan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi dan angket. Adapun sampel yang menjadi dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan total sampling yang mana anggota organisasi tersebut kurang dari 100 orang yaitu sebanyak 76 santri maka seluruh anggota sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan Peran tersebut adalah sebagai berikut : Terlaksana ketika pustakawan menggunakan metode sosialisasi berupa pemberian informasi dan pengetahuan tentang literasi informasi melalui pelatihan seminar ataupun workshop yang dibuktikan dengan 43 (57%) dari 76 santri setuju hal tersebut dilaksanakan, dengan kegiatan eksternalisasi pustakawan membantu santri dalam mengekspresikan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki setiap santri tersebut dengan melakukan kegiatan menulis cerpen, puisi dan penyerahan informasi melalui media mading. Hal ini dibuktikan dengan respon dari 38 (51%) dari 76 santri setuju dalam kegiatan tersebut. Melalui kegiatan kombinasi, pustakawan mampu mengabungkan pengetahuan yang dimiliki oleh pustakawan dengan santri tersebut dengan melakukan kegiatan diskusi. Hal ini dibuktikan atas dasar respon santri selanjutnya dari 39 (57%) dari 76 santri setuju dengan kegiatan tersebut. Internalization pustakawan dapat membantu santri dalam memahami dan menerapkan pengetahuan mereka melalui coaching yang dibuktikan dari 40 (53%) dari 76 santri merasa setuju dengan kegiatan tersebut. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan berperan aktif dalam transfer pengetahuan pada forum literasi santri di Perpustakaan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib-Parabek Bukittinggi. Disamping itu dengan menggunakan berbagai metode dan strategi untuk mentransfer pengetahuan kepada santri menunjukkan bahwa pustakawan tersebut berperan penting dalam meningkatkan literasi dan pengetahuan pada anggota santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Forum Literasi Santri, peran pustakawan, transfer pengetahuan
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 15 May 2024 09:38
Last Modified: 15 May 2024 09:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20340

Actions (login required)

View Item View Item