Strategi Politik Calon Anggota Legislatif Perempuan Dalam Pemilu Tahun 2024 Di Kabupaten Labuhanbatu Perspektif Politik Islam

Hasibuan, Siti Musdalipah (2024) Strategi Politik Calon Anggota Legislatif Perempuan Dalam Pemilu Tahun 2024 Di Kabupaten Labuhanbatu Perspektif Politik Islam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Cover- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (921kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III-1.pdf - Published Version

Download (990kB)
[img] Text (BAB 5-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI SITI MUSDALIPAH HASIBUAN FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan rendahnya partisipasi politik perempuan dan jumlah perempuan yang terpilih sebagai anggota DPRD di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Adapun pertanyaan dari penelitian ini adalah 1) Apa saja strategi politik yang digunakan perempuan dalam pemilu tahun 2024 di Kabupaten Labuhanbatu? 2) Apa hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh perempuan dalam politik di Kabupaten Labuhanbatu? 3) Bagaimana strategi politik caleg perempuan di Kabupaten Labuhanbatu dalam pemilu tahun 2024 perspektif Politik Islam? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data primer didapat melalui wawancara dengan beberapa calon anggota legislatif perempuan tahun 2024 Labuhanbatu, ketua DPC partai politik Labuhanbatu dan tim sukses. Temuan dari penelitian ini yaitu: 1) Caleg perempuan menggunakan strategi ofensif, dengan cara mensosialisasikan diri secara tatap muka dan door to door, membangun kepercayaan dan membuat pandangan masyarakat positif, menjaga komunikasi dengan bersilaturahmi: komunikasi personal, komunikasi kelompok, dan komunikasi top down, kampanye menggunakan alat peraga. Menggunakan strategi positioning penguatan yaitu: dipilih masyarakat karena memiliki citra tertentu dan dibuktikan dengan kinerja selama menjabat. 2) Hambatan dan tantangan yang dihadapi calon anggota legislatif perempuan: tingginya budaya patriarki dan kurangnya dukungan masyarakat, adat suku Batak di Labuhanbatu, rendahnya tingkat pendidikan masyarakat, kurang berkembangnya cara pandang masyarakat tentang pemimpin di dalam Islam, rendanya partisipasi masyarakat di dalam pemilu, terbiasanya masyarakat dengan serangan fajar, banyaknya jumlah caleg yang ikut berkontestasi dan besarnya jumlah amplop yang diberikan caleg lain, panatisme masyarakat terhadap partai politik. 3) Strategi politik yang digunakan calon anggota legislatif perempuan menerapkan prinsip-prinsip politik Islam yaitu: prinsip persamaan, prinsip keadilan, prinsip amar ma’ruf nahi munkar, prinsip kepemimpinan, dan prinsip musyawarah. Namun dalam prinsip prinsip persatuan dan kesatuan, dan prinsip hak dan kewajiban negara dan rakyat tidak dilaksanakan. Seluruh aktifitas yang dilakukan calon anggota legislatif berkaitan dengan prinsip politik dalam Islam karena segala bentuk kegiatan yang dibuat adalah perbuatan yang baik dan positif bagi kemajuan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Politik, Calon Anggota Legislatif Perempuan, Pemilu
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Politik
U Umum (General) > Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 31 Mar 2024 03:54
Last Modified: 31 Mar 2024 03:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20309

Actions (login required)

View Item View Item