Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Pengembalian Uang Sisa Belanja Dalam Bentuk Sumbangan Di Budiman Swalayan Kota Padang

Hidayah, Arrahmanul (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Pengembalian Uang Sisa Belanja Dalam Bentuk Sumbangan Di Budiman Swalayan Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Arrahmanul Hidayah_1913040184_HES_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Arrahmanul Hidayah_1913040184_HES_BAB I.pdf - Published Version

Download (769kB)
[img] Text (Bab 3)
Arrahmanul Hidayah_1913040184_HES_BAB III.pdf - Published Version

Download (536kB)
[img] Text (Bab 5)
Arrahmanul Hidayah_1913040184_HES_BABN V dan Daftar ustaka.pdf - Published Version

Download (423kB)
[img] Text (Fulltext)
Arrahmanul Hidayah_1913040184_HES_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakrelaan konsumen dalam menyumbangkan uang sisa belanja di Budiman Swalayan serta petugas kasir yang mengarahkan konsumen untuk menyetujui agar sisa kembalian tersebut disumbangkan kepada lembaga sosial seperti Baznas tanpa memberikan kejelasan mengenai penggunaan penyaluran sumbangan tersebut. Tujuan penulisan skripsi ini adalah: Pertama, Mendeskripsikan apa yang melatarbelakangi dilakukannya pengembalian uang sisa belanja dalam bentuk sumbangan. Kedua, Menganalisis eksistensi hukum pengembalian uang sisa belanja dalam bentuk sumbangan menurut hukum ekonomi syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan kualitatif. Berdasarkan sumber data digunakan metode penelitian hukum empiris. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pihak Budiman Swalayan, konsumen Budiman Swalayan, dan pihak Baznas. Data lain berupa buku-buku, baik buku manual maupun online dan literature lainnya. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Pengembalian uang sisa belanja dalam bentuk sumbangan ini dilatarbelakangi karena adanya sistem Kerjasama antara Baznas dan Budiman Swalayan dalam upaya soial. Baznas merangkul Budiman Swalayan untuk mengumpulkan dana sumbangan dari uang sisa belanja konsumen dimana uang tersebut akan disalurkan kepada pihak Baznas. Setelah disalurkan kepada pihak Baznas, maka pihak Baznas yang selanjutnya akan mendistribusikan kepada pihak yang berhak menerimanya. Kedua, Eksistensi hukum pengembalian uang sisa belanja dalam bentuk sumbangan menurut hukum ekonomi syariah sudah memenuhi ketentuan umum infak. Namun Budiman Swalayan belum bijak dalam memberikan informasi yang lengkap karena Budiman Swalayan belum mengimplementasikan mengenai keterbukaan informasi publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Budiman Swalayan, Baznas
Subjects: Tajuk Subjek > Agama Islam > Fiqih > Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 17 May 2024 04:36
Last Modified: 17 May 2024 04:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20265

Actions (login required)

View Item View Item