Novelin, Ayu Sukma (2024) Implementasi Kegiatan Muhadharah dalam Pengembangan Critical Thinking Peserta Didik di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (884kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (337kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (BAB 5-Daftar Pustaka)
BAB 5 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (215kB) |
|
Text (Ayu Sukma Novelin 2014010107 Skripsi Full Text)
Ayu Sukma Novelin 2014010107 Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis peserta didik yang rendah, penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kegiatan muhadharah dapat berpengaruh pada proses pengembangan kemampuan Critical Thinking peserta didik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan mengenai : 1) Perencanaan kegiatan Muhadharah dalam pengembangan Critical Thinking di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia. 2) Pelaksanaan kegiatan Muhadharah dalam pengembangan Critical Thinking di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia. 3) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan Muhadharah dalam pengembangan Critical Thinking di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk 1) Mengetahui bagaimana tahapan perencanaan dari kegiatan muhadharah dalam pengembangan Critical Thinking. 2) Mengetahui bagaimana pelaksanaan muhadharah dalam pengembangan Critical Thinking di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia. 3) Mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat kegiatan Muhadharah dalam pengembangan Critical Thinking di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia. Jenis penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan metode lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah sebagai bentuk usaha dalam pengembangan kemampuan critical thinking peserta didik maka dilakukan lah hal-hal sebagai berikut: Tahap persiapan yang dilakukan diantaranya adalah penyusunan program muhadharah, pembentukan kelompok muhadharah, pembuatan absen kelompok muhadharah, pembentukan pembina masing-masing kelompok muhadharah, demonstrasi muhadharah. Disamping itu dilakukan juga persiapan seperti membuat teks pidato dari sumber yang kredibel sesuai dengan tema. Tahap pelaksanaan muhadharah dilakukan dengan tiga tahapan yaitu kegiatan pembuka, inti dan penutup. Dengan rentetan kegiatan seperti MC, Pembacaan Al-Qur’an, Pidato, Intisari, dan Do’a. Keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan pada tahap ini adalah menyelesaikan masalah secara sistematis dan menyeluruh, menyimpulkan, mengevaluasi, kreatif, dan berpikiran terbuka. Sedangkan faktor yang menjadi pendukung pada pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam pengembangan critical thinking adalah dukungan, rasa ingin tahu, demontrasi dan kajian khusus pembina. Sedangkan faktor penghambat nya adalah membuat, menerjemahkan, dan menghafal teks, penyampaian pidato yang monoton, demam panggung/grogi. Kata kunci: Implementasi, Muhadharah, Pengembangan, Critical Thinking
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Muhadharah, Pengembangan, Critical Thinking |
Subjects: | Agama Islam Agama Islam > Agama Islam Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 29 Mar 2024 01:39 |
Last Modified: | 29 Mar 2024 01:39 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20171 |
Actions (login required)
View Item |