Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur'an Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas VII di MTsN 1 Padang Pariaman

Sari, Suci Rahmadhani (2024) Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur'an Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas VII di MTsN 1 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (593kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI SUCI RAHMADHANI SARI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masalah intensitas membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII di MTsN 1 Padang Pariaman. Adanya beberapa peserta didik yang memiliki intensitas membaca Al-Qur’an yang berbeda-beda yang terlihat pada proses pembelajaran, yang menjadi beberapa permasalahan seperti kurangnya memahami ilmu tajwid, tidak percaya diri, tidak mau ketika disuruh dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTsN 1 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTsN 1 Padang Pariaman. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan total sampling berjumlah 66 peserta didik. Hasil dari penelitian, intensitas membaca Al-Qur’an dari 66 responden sebagian besar berada pada kategori sedang dengan jumlah presentase frekuensi terbanyak sebesar 67% dan Hasil belajar dari 66 responden sebagian besar juga berada pada kategori sedang dengan jumlah presentase frekuensi terbanyak sebesar 66%. Berdasarkan hasil uji analisis menggunakan uji regresi linear sederhana yang dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 26 diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 ˂ 0,05. Jika sig ˂ 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTsN 1 Padang Pariaman. Kata Kunci : Intensitas Membaca Al-Qur’an, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Membaca Al-Qur'an, Hasil Belajar
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 29 Mar 2024 01:32
Last Modified: 29 Mar 2024 01:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20131

Actions (login required)

View Item View Item