Sari, Suci Rahmadhani (2024) Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur'an Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas VII di MTsN 1 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version Download (593kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (568kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (542kB) |
|
Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
Text (FULL TEXT)
SKRIPSI SUCI RAHMADHANI SARI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masalah intensitas membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII di MTsN 1 Padang Pariaman. Adanya beberapa peserta didik yang memiliki intensitas membaca Al-Qur’an yang berbeda-beda yang terlihat pada proses pembelajaran, yang menjadi beberapa permasalahan seperti kurangnya memahami ilmu tajwid, tidak percaya diri, tidak mau ketika disuruh dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTsN 1 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTsN 1 Padang Pariaman. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan total sampling berjumlah 66 peserta didik. Hasil dari penelitian, intensitas membaca Al-Qur’an dari 66 responden sebagian besar berada pada kategori sedang dengan jumlah presentase frekuensi terbanyak sebesar 67% dan Hasil belajar dari 66 responden sebagian besar juga berada pada kategori sedang dengan jumlah presentase frekuensi terbanyak sebesar 66%. Berdasarkan hasil uji analisis menggunakan uji regresi linear sederhana yang dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 26 diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 ˂ 0,05. Jika sig ˂ 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTsN 1 Padang Pariaman. Kata Kunci : Intensitas Membaca Al-Qur’an, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas Membaca Al-Qur'an, Hasil Belajar |
Subjects: | Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 2 |
Date Deposited: | 29 Mar 2024 01:32 |
Last Modified: | 29 Mar 2024 01:32 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20131 |
Actions (login required)
View Item |