Analisis Penerapan Akuntabilitas DAn Transparansi Pengelolaan Dana Zakat Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sijunjung

Haq, Afdal (2024) Analisis Penerapan Akuntabilitas DAn Transparansi Pengelolaan Dana Zakat Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dan Daftar Isi)
SKRIPSI AFDAL HAQ 1916040070 (COVER- DAFTAR ISI ).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (543kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI AFDAL HAQ 1916040070 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu kewajiban setiap orang muslim yang di perintahkan oleh Allah Swt, sebagai salah satu bentuk perbuatan ibadah. Badan Amil Zakat Kabupaten Sijunjung merupakan suatu lembaga yang membantu dalam pengelolaan zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sijunjung. Metode penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( Field Research) dan data yang digunakan yaitu data sekunder dan primer yang mana data sekunder berasal dari buku atau jurnal terkait dengan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana zakat, data dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Sedangkan data primer dari pengelola Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sijunjung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sijunjung sudah akuntabel dan transparan. Dapat dilihat dari : (1) Laporan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sijunjung diperiksa 2 kali setiap tahunnya dan audit laporan keuangan dilakukan secara internal dan eksternal. (2) Program dan Kegiatan yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sjunjung dipublikaskan secara ofline dan online melalui media sosial yang dimiliki oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sijunjung, seperti : Facebook, whatsapp, website, radio lansek manih, dank orang singgalang. Sistem pembukuan pengelolaan dana zakat Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sijunjung sesuai dengan PSAK 109 yang mengunakan aplikasi SIMBA.(3) Adanya kebijakan dalam penyaluran dana zakat sesuai dengan 8 asnaf atau golongan yang berhak menerima zakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Transparansi, Pengelolaan Dana Zakat
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General) > Manajemen
U Umum (General)
D History General and Old World > DS Asia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 15 May 2024 07:46
Last Modified: 15 May 2024 07:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20067

Actions (login required)

View Item View Item