Tinjauan Siyasah Maliyah Terhadap Pengelolaan Modal Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Nagari Simpang Sugiran Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Fazira, Nada (2024) Tinjauan Siyasah Maliyah Terhadap Pengelolaan Modal Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Nagari Simpang Sugiran Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover- Daftar Isi)
Cover - daftar tabel.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (721kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (859kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
Bab V dan dapus.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh BUMNag di Nagari Simpang Sugiran Kab. 50 Kota yang secara menyeluruh pengelolaan modal dan apa fungsi BUMNag tersebut masih adanya masyarakat yang tidak mengetahui dan tidak merasakan adanya BUMNag tersebut. Tujuan dilakukan penelitian ini, pertama, untuk mengetahui bagaimana pengelolaan modal Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di Simpang Sugiran Kab. 50 Kota; kedua, untuk mengetahui tinjauan Siyasah Maliyah terhadap Pengelolaan Modal Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). Di dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang secara umum melibatkan pengurus BUMNag dan perangkat wali nagari di nagari Simpang Sugiran. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Penulis menganalisis data tersebut melalui kualitatif, diolah dan dianalisis berdasarkan kualitasnya lalu dideskripsikan dengan menggunakan kata-kata sehingga diperoleh bahasan atau paparan dalam bentuk kalimat yang dapat dimengerti kemudian mengambil kesimpulan. Hasil penelitian yang penulis temukan yaitu : Pertama, Pengelolaan Modal Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di Nagari Simpang Sugiran Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota, BUMNag yang berfungsi menjalankan usaha dibidang ekonomi dan pelayanan umum, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, BUMNag yang dimiliki oleh nagari dengan mayoritas kepemilikan pemerintahan nagari, maka suatu kewajiban bagi pemerintahan nagari untuk rutin menganggarkan penyertaan modal kepada BUMNag. Penyertaan modal bersumber dari dana Nagari, yang kemudian dianggarkan untuk modal usaha yang telah berjalan yang dikelola oleh BUMNag. Kedua, dalam siyasah maliyah kebijakan seorang pemimpin terhadap rakyat nya bergantung kepada kemaslahatan, Analisis fiqh siyasah maliyah terhadap pengelolaan dana BUMNag dapat diterima, karena pengelolaan dana yang didasarkan kepada adanya regulasi UU (Undang-Undang) dan Perda. Kata Kunci: BUMNag, Wali Nagari, Siyasah Maliyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BUMNag, Wali Nagari, Siyasah Maliyah
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Ketatanegaraan Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 29 Mar 2024 04:20
Last Modified: 29 Mar 2024 04:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19761

Actions (login required)

View Item View Item