Kesadaran Hukum Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal (Studi Kasus Produsen Jajanan Pasar di Kota Padang)

Ghaizani, Desrida (2024) Kesadaran Hukum Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal (Studi Kasus Produsen Jajanan Pasar di Kota Padang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Cover Daftar isi DESRIDA GHAIZANI 1713030153.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (740kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (903kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V DESRIDA GHAIZANI 1713030153.pdf - Published Version

Download (606kB)
[img] Text (Full Text)
fulltext DESRIDA GHAIZANI 1713030153 .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya produsen jajanan pasar yang tidak mempunyai sertifikat halal. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah, Pertama, Bagaimana pengetahuan hukum produsen jajanan pasar di Kota Padang terhadap kewajiban sertifikasi halal?, Kedua, Bagaimana pemahaman hukum produsen jajanan pasar di Kota Padang terhadap kewajiban sertifikasi halal?Ketiga, Apa kendala yang dihadapi oleh produsen jajanan pasar di Kota Padang terhadap kewajiban sertifikasi halal?, Penelitian ini merupakan penelitian (field research) yang bersifat kualitatif. Dengan menggunakan metode analisis deskriftif. Sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan sumber data: terdari atas Pelaku UMKM (pedagang jajanan Pasar di Kota Padang ). Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengetahuan hukum produsen jajanan pasar di Kota Padang terhadap kewajiban sertifikasi halal. 2) Untuk mengetahui pemahaman hukum produsen jajanan pasar di Kota Padang terhadap kewajiban sertifikasi halal. 3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh produsen jajanan pasar di Kota Padang terhadap kewajiban sertifikasi halal.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengetahuan hukum tentang pembuatan sertifikasi halal, masih banyak masyarakat terutama pelaku usaha jajanan pasar yang tidak tahu tentang pembuatan sertifikasi halal untuk usahanya. Hal ini terjadi akibat sumber informasi yang tidak mereka dapatkan. 2) Pemahaman hukum pelaku usaha jajanan pasar tentang pembuatan sertifkasi halal masih sebatas fungsi dan tujuan namun belum memahami prosedur sertifikasi halal, sehingga mereka tidak mau untuk menindak lanjuti dalam hal mengurus sertifikasi halal.3) Kendala yang dirasakan produsen jajanan pasar ialah tidak adanya waktu luang untuk mengurus sertikasi halal tersebut, biaya yang mahal, tidak mengetahui kewajiban sertifikasi halal, sudah yakin produk yang dijual sudah halal, dan tidak mengetahui sertifikasi halal gratis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal, Makanan Halal, Jajanan Pasar
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 17 May 2024 07:52
Last Modified: 17 May 2024 07:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19657

Actions (login required)

View Item View Item