Pengaruh Model Pembelajaran Contextual teaching and Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta DIdik Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Pariaman

Rahmita, Rahmita (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual teaching and Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta DIdik Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Pariaman. Other thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
tesis ok daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I Penelitian Tesis PAI KU (1).pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III metode penelitan tesisku.pdf - Published Version

Download (949kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V tesis.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (BAB Full Text)
tesis ok digabungkan (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 6 Pariaman belum berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Guru Pendidikan Agama Islam masih menggunakan pembelajaran konvensional ekspositori dimana guru menjelaskan materi dan peserta didik hanya mendengarkan dan mencatat materi yang dijelaskan guru yang menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah dan pemahaman peserta didik belum berkembang secara maksimal sehingga belum dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media youtube terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen randomized control group posttest only design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket dan tes praktik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Pariaman dengan kelas eksperimen VIII-5 dan kelas kontrol VIII-3. Hasil penelitian yang diperoleh pada aspek pengetahuan dengan rata-rata kelas eksperimen 83.33 dan kelas kontrol 76.60 dan hasil uji t correlation 1-tailed didapatkan signifikansi 0.018 < 0.05 dengan t hitung 4.25 dan t tabel 1.67 yang berarti hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik kelas VIII dengan menggunakan model CTL berbantuan media youtube lebih baik daripada model konvensional. Hasil penelitian yang diperoleh pada aspek sikap dengan rata-rata kelas eksperimen 82.61 dan kelas kontrol 80.07 dengan uji t correlations 1-tailed didapatkan signifikansi 0.022 < 0.05 dengan t hitung 4.1 dan t tabel 1.67 yang berarti hasil belajar peserta didik pada aspek sikap dengan menggunakan CTL berbantuan media youtube lebih baik daripada model konvensional. Hasil penelitian yang diperoleh pada aspek keterampilan dengan rata-rata kelas eksperimen 84.93 dan kelas kontrol 79.32 dengan uji t correlation 1-tailed didapatkan signifikansi 0.004 < 0.05 dengan t hitung 5.45 dan t tabel 1.67 yang berarti hasil belajar peserta didik pada aspek keterampilan dengan menggunakan model CTL berbantuan media youtube lebih baik daripada model konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL berbantuan media youtube berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII dalam aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi jujur dan adil. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Media YouTube, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Media YouTube, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Alat Bantu Pembelajaran Menggunakan Audiovisual
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:55
Last Modified: 27 Mar 2024 03:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19414

Actions (login required)

View Item View Item