Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah (Studi Kasus Pegawai Bagian Rumah Tangga Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat)

Hasanady, Afif Fajri (2024) Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah (Studi Kasus Pegawai Bagian Rumah Tangga Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover,pengesahan,persetujuan pembimbing,kata pengantar,daftar isi)
Afif Fajri Hasanady_1713060131_EKSYA_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (882kB)
[img] Text (BAB1)
Afif Fajri Hasanady_1713060131_EKSYA_BAB I.pdf - Published Version

Download (370kB)
[img] Text (BAB II)
Afif Fajri Hasanady_1713060131_EKSYA_BAB III.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (BAB V)
Afif Fajri Hasanady_1713060131_EKSYA_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Afif Fajri Hasanady_1713060131_EKSYA_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kehidupan serba modern seperti saat ini, seorang individu di tuntut untuk dapat berfikir lebih rasional dan realistis terhadap segala bidang yang ada baik bidang pendidikan, agama, sosial, ekonomi, dan budaya. Misalnya saja dalam hal ekonomi, seseorang tidak hanya dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup namun juga sekaligus mampu mengelola keuangan yang di miliki demi terwujudnya keuangan yang sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Pegawai Bagian Rumah Tangga Sekretariat daerah Provinsi Sumatera Barat. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pola berfikir deduktif (deductive approach) yakni penarikan kesimpulan dari keadaan yang umum atau penyimpulan dari yang umum ke yang khusus. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 47 orang yang terdiri dari beberapa pegawai yang memiliki jabatan/golongan yang berbeda di Bagian Rumah Tangga Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan syariah pegawai bagian Rumah Tangga Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat tergolong kedalam kategori ”Sedang”. Kajian ini menggunakan 4 indikator yaitu pengetahuan, kemampuan, sikap, dan kepercayaan, dengan hasil rata-rata masing-masing aspek yaitu : pengetahuan 173,6, Kemampuan 188,8, Sikap 187,3, dan Kepercayaan 176,7. Kata Kunci : Literasi Keuangan Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 26 Mar 2024 17:47
Last Modified: 26 Mar 2024 17:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19375

Actions (login required)

View Item View Item