Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTsN Kota Padang Panjang

Siregar, Rika Arnita (2024) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTsN Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
cover rika arnita siregar.pdf - Published Version

Download (881kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (492kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (936kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII MTsN Kota Padang Panjang. Adapun usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di kelas VIII MTsN Kota Padang Panjang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk quasy experiment dengan rancangan randomized control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN Kota Padang Panjang tahun ajaran 2023/2024, setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata dan hasilnya signifikan, maka dilakukan pengambilan sampel dengan cara pengundian, sehingga didapatkan VIII-E sebagai kelas kontrol dan VIII-G sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan uji hipotesis menggunakan uji-t satu arah. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 82,78 dan kelas kontrol 74,61. Hasil uji hipotesis dengan uji-t, α = 0.05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh ttabel = 1,67 dan thitung = 2,42 sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada kelas eksperimen yang belajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada kelas kontrol yang belajar dengan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Kota Padang Panjang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pendidik matematika menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Edducation (RME) sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education, Komunikasi Matematis
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:45
Last Modified: 26 Mar 2024 07:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19288

Actions (login required)

View Item View Item