Hubungan Kecanduan Game Mobile Legends dengan Perilaku Agresif Verbal pada Remaja di Nagari Sintuk

Jasril, Irfan (2024) Hubungan Kecanduan Game Mobile Legends dengan Perilaku Agresif Verbal pada Remaja di Nagari Sintuk. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (701kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I_Irfan Jasril_1915040009.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III_Irfan Jasril_1915040009.pdf - Published Version

Download (877kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V_Irfan Jasril_1915040009.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan perilaku yang bersifat agresif verbal yang dilakukan oleh remaja yang sedang bermain game Moblie Legends yang sudah tidak mengenal waktu dan dilakukan secara terus menerus. Perilaku agresivitas yang bersifat verbal peneliti menemukan beberapa kata-kata yang tidak pantas diucapkan seperti kata-kata kasar yang bersifat cacian atau hanya lampiasan emosi contohnya bongak, pantek, asu, anjiang, dan lain-lain dan semua itu meluapkan kepada teman sekitarnya yang bermain dari faktor bermain yang tidak sesuaai yang diharapkan. Remaja tersebut mengalami ketidakpuasan bermain menimbulkan hasrat yang belum senang sehingga timbul rasa kecanduan bermain dan mempunyai tujuan untuk menang setiap permainannya. Rasa agresif verbal yang dipengaruhi yaitu emosi positif dan emosi negatif, emosi positifnya yaitu anak yang bermain game online Mobile Legends bisa menimbulkan rasa senang dalam dirinya, gembira saat bisa memenangkan tantangan yang ada pada game online dan juga dapat menghilangkan strees menurut pandangan remaja tersebut . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kecanduan game mobile legends dengan perilaku agresif verbal pada remaja di Nagari Sintuk, serta memberikan edukasi dampak dari kecanduan bermain tersebut yang membuat perialku agresif verbal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala kecanduan game mobie legends yang berjumah 17 aitem dan skala perilaku agresif verbal berjumlah 15 aitem yang sudah di uji validitas dan relibilitasnya. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 844 remaja. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin sebagi acuan untuk dapat sampel sebanyak 89 remaja. Berdasarkan hasil kategorisasi didapatkan hasil bahwa tingkat kecanduan game mobile legends dan perilaku agresif verbal pada remaja yang keduanya berada pada kategori tinggi. Sesuai dengan hasil penelitian berdasarkan nilai pearson correlation variabel kecandua game mobile legends dan perilaku agresif verbal sebesar 0.698 dengan signifikansi 0.000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kecanduan game mobile legends dengan perilaku agresif verbal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecanduan Game Mobile Legends, Perilaku Agresif Verbal
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 21 May 2024 08:53
Last Modified: 21 May 2024 08:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19287

Actions (login required)

View Item View Item