Rahmaninda, Isti (2024) Pengembangan Media Komik Pembelajaran IPAS Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
cover-daftarisi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
Bab V-Daftarpustaka.pdf - Updated Version Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
Text (FULL TEXT SKRIPSI ISTI RAHMANINDA 1914070011)
FULL TEXT SKRIPSI ISTI RAHMANINDA 1914070011.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik di antara penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran. Kendala seperti itu membuat peserta didik bosan dalam pembelajaran. Dari permasalahan tersebut peneliti ingin mengembangkan sebuah produk media komik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan media komik yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan pendidik, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kevalidan, praktikalitas dan efektivitas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket validasi, angket praktikalitas, dan tes efektivitas. Uji validasi media komik diberikan kepada validator ahli bahasa, validator ahli materi, validator ahli media dan validator ahli instrumen. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 15 orang peserta Uji efektivitas diberikan kepada 15 orang peserta didik di SD Negeri 11 Ampang Padang dinilai dari aspek kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik pembelajaran IPAS sudah memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis dan efektif. Hasil validitas yang diperoleh dari segi bahasa, materi, dan media memperoleh rata-rata 92,5% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil praktikalitas dari pendidik dan peserta didik memperoleh rata-rata 89,5% dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji efektivitas yang dilakukan kepada 15 orang peserta didik memperoleh rata-rata 80% dengan kategori efektif pada materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media komik Pembelajaran IPAS dikategorikan sangat valid, sangat praktis dan efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Komik, Kreatif, Abad 21 |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 03:48 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 03:48 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19187 |
Actions (login required)
View Item |