Penerapan pasal 36 huruf k peraturan komisi pemilihan umum nomor 36 tahun 2018 perspektif siyasah dusturiyah dikenagarian alahan panjang Kabupaten Solok

Irfansyah, Aldy (2024) Penerapan pasal 36 huruf k peraturan komisi pemilihan umum nomor 36 tahun 2018 perspektif siyasah dusturiyah dikenagarian alahan panjang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
cover Aldy Irfansyah.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Bab I ALDY.pdf - Published Version

Download (736kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab III ALDY.pdf - Published Version

Download (537kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab V aldy.pdf - Published Version

Download (614kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ALDY IRFANSYAH GABUNGAN SKRIPSI BARUU 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “PENERAPAN PASAL 36 HURUF K PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM NOMOR 36 TAHUN 2018 PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH (Studi di Kenagarian Alahan Panjang Kabupaten Solok)”. Di susun oleh Aldy Irfansyah, NIM, 1913030145, Pada Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 1444 H/2024 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kerja PPS dalam perekrutan calon anggota KPPS untuk melaksanakan Pemilu serentak pada tahun 2019. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu penerapan Pasal 36 Huruf K Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 36 Tahun 2018 Perspektif Siyasah Dusturiyah di Kenagarian Alahan Panjang Kabupaten Solok. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian pada skripsi ini : bagaimana penerapan Pasal 36 Huruf K peratuan Komisi Pemilihan Umum Nomor 36 tahun 2018 di kenagarian Alahan Panjang dan tinjauan siyasah dusturiyah terhadap penerapan Pasal 36 huruf k Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 36 Tahun 2018. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh lansung dari informan melalui wawancara dengan KPU Kabupaten Solok, PPS nagari Alahan Panjang, dan KPPS di nagari Alahan Panjang. Data sekunder diperoleh dari dokumen, Undang-Undang, Peraturan Komisi Pemilihan Umum, Buku, artikel, skripsi, jurnal yang berkaitan dengan pembahasan. Hasil penelitian ini adalah : Pertama Pelaksanaan perekrutan calon anggota KPPS di kenagarian Alahan Panjang monitoring dan pelatihan yang dilakukan oleh KPU kepada PPK dan PPS sudah dilaksanakan, namum perekrutan yang dilakukan oleh PPS belum berjalan dengan baik, masih terdapat pelanggaran dalam pelaksanaannya. Kedua Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap penerapan Pasal 36 huruf K Peraturan Komosi Pemilihan Umum Nomor 36 Tahun 2018 di kenagarian Alahan panjang pada perekrutan calon anggota KPPS sudah sejalan dengan adanya istilah dusturiyah KPU sudah memberikan pelatihan dan bimbingan kepada PPK, PPS, dan KPPS, sedangkan tinjauan siyasah dusturiyah terhadap pelaksanaan perekrutan oleh PPS terhadap calon anggota KPPS belum berjalan dengan baik, dengan pelanggaran yang dilakukan oleh PPS terhadap Peraturan Komisi pemilihan Umum nomor 36 Tahun 2018, karena adanya orang yang sudah menjabat lebih dari 2 (dua) periode sebagai KPPS masih di loloskan untuk pelaksanan Pemilu 2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penerapan, KPU, PPS,KPPS, siyasah dusturiyah
Subjects: U Umum (General) > Hukum
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 15 May 2024 08:37
Last Modified: 15 May 2024 08:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19156

Actions (login required)

View Item View Item