Efektivitas Peran Pengadilan Agama Dalam Mengatasi Terjadinya Peningkatan Angka Pengajuan Dispensasi Kawin (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Kota Padang Pada Tahun 2021)

Febriani, Silvia (2024) Efektivitas Peran Pengadilan Agama Dalam Mengatasi Terjadinya Peningkatan Angka Pengajuan Dispensasi Kawin (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Kota Padang Pada Tahun 2021). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
COVER - DAFTAR ISI SILVIA FEBRIANI 2013010053 HK.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SILVIA FEBRIANI 2013010053.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SILVIA FEBRIANI 2013010053.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka SILVIA FEBRIANI 2013010053.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL SILVIA FEBRIANI 2013010053 HK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh dikeluarkannya Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 5 Tahun 2019 yang mengatur tentang pedoman mengadili kasus dispensasi kawin oleh Hakim Pengadilan Agama yang bertujuan untuk meminimalisir jumlah perkawinan di bawah umur, namun faktanya di Pengadilan Agama Padang terjadinya peningkatan angka pengajuan dispensasi kawin terutama tahun 2021. Pertanyaan penelitian skripsi ini adalah Apa program Pengadilan Agama dalam mengatasi terjadinya peningkatan angka pengajuan dispensasi kawin? Bagaimana tingkat pencapaian program Pengadilan Agama dalam mengatasi terjadinya peningkatan angka pengajuan dispensasi kawin? dan Bagaimana integrasi Pengadilan Agama dengan pihak lain dalam mengatasi terjadinya peningkatan angka pengajuan dispensasi kawin pada tahun 2021?. Untuk menjawab pertanyaan di atas dilakukan penelitian lapangan dengan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, yaitu: Pertama, Pengadilan Agama melakukan pemeriksaan lebih ketat di persidangan terkait pemberian dispensasi kawin melalui a) Hakim diberikan penekanan dalam mengabulkan permohonan dispensasi kawin dengan memperketat sifat emergency (darurat) untuk menikah. b) Program public campaign Pengadilan Agama mengirim petugas perwakilan dari Pengadilan Agama dengan memberikan sosialisasi ke masyarakat mengenai pernikahan anak di bawah umur. Kedua, Tingkat pencapaian program Pengadilan Agama dalam mengatasi terjadinya peningkatan angka pengajuan dispensasi kawin telah efektif dengan terjadinya penurunan kasus permohonan dispensasi kawin di Pengadilan Agama Padang. Ketiga, Pengadilan Agama telah menjalin perjanjian kerja sama (PKS) dengan Kemenag Kota Padang, Kantor Urusan Agama (KUA), Disdukcapil, Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak (PPPA) Kota Padang, yang berpengaruh pada penurunan angka pengajuan dispensasi kawin. Kata Kunci: Efektivitas, Dispensasi Kawin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Dispensasi Kawin.
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Pengadilan Islam
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:33
Last Modified: 19 Jun 2024 08:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19039

Actions (login required)

View Item View Item