Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pesarta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VIII DI SMP N 10 PADANG

Al Rasid, Abdul Harun (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pesarta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VIII DI SMP N 10 PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (711kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan dari model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Metode penelitian yang gunakan adalah penelitian korelasi, populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 10 Padang tahun 2023/2024 semester ganjil. Teknik yang di gunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik random sampling, kelas yang terpilih sebagai kelas ekperimen adalah kelas VIII. 2 dan kelas kontrol kelas VIII. 1. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan keaktifan belajar secara efektif, keaktifan belajar peserta didik kelas VIII. 2 sebagai kelas eksperimen memiliki rentang skor antara 57 – 96. Sedangkan pada Kelas VIII. 1 sebagai kelas kontrol rentang skor antara 61 – 88. Dibuktikan hasil uji hipotesis menggunakan teknik uji-t dengan bantuan SPSS versi 16, didapatkan nilai thitung sebesar 43,945 pada df (degree of freedom) 27. Artinya nilai t¬hitung > ttabel (43,945 > 1,703 (5%)). Sedangkan signifikan hitung sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil uji hipotes menggunakan uji-t tersebut, maka H0 yang mengatakan tidak adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap keaktifan belajar peserta didik Kelas VIII SMPN 10 Padang ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keaktifan, Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:52
Last Modified: 30 Jan 2024 06:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18512

Actions (login required)

View Item View Item