Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Dalam Pandangan Tokoh Pendidikan tentang Pendidik dan Relevansinya dengan Kode Etik Guru di Indonesia

Hidayat, Rahmat (2023) Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Dalam Pandangan Tokoh Pendidikan tentang Pendidik dan Relevansinya dengan Kode Etik Guru di Indonesia. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
COVER gabungan.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (938kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (987kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-digabungkan.pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text (Full Text)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi KH. Ahmad Dahlan sebagai ulama yang sangat terkenal dan khasanah pendidikan Islam, yang merumuskan adab dan tugas-tugas guru yang dapat dijadikan acuan oleh para guru dalam melaksanakan profesinya sebagai seorang guru. Adab dan tugas guru inilah yang menjadi indikasi adanya kode etik guru menurut KH. Ahmad Dahlan, oleh karena itu kode etik guru ini menjadi perioritas utama dan perhatian dalam pendidikan di Indonesia. Kode etik ini diatur oleh Kode Etik Guru Indonesia (KEGI). Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pimikiran KH Ahmad Dahlan tentang guru dan Relevansinya dengan Kode Etik Guru di Indonesia? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Pemikiran KH. Ahmad Dahlan tentang guru serta keterkaitan pandangan KH. Ahmad Dahlan tentang guru dengan Kode Etik Guru di Indonesia Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dalam bentuk studi tokoh. Adapun teknik dari penulisan ini adalah content analysis atau analisis inti, yakni pengolahan data dengan cara pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan dari beberapa gagasan atau pemikiran para tokoh pendidikan yang kemudian dideskripsikan, dibahas dan dikritik. Selanjutnya dikategorikan dengan data yang sejenis, dan dianalisis isinya guna mendapat informasi yang kongkrit, sehingga pada akhirnya dijadikan sebagai langkah dalam mengambil kesimpulan sebagai jawaban dari rumusan masalah yang ada. Hasil pembahasan ini adalah etika guru dalam pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan bahwa Etika guru terhadap profesi seorang pendidik menjadikan profesinya sebagai pengabdian kepada Allah SWT dan Abdi nya kepada Negara Kesatuan republik Indonesia, kemudian senantiasa menanamkan sikap ikhlas berbagi ilmu tanpa mengharapkan imbalan kekayaan, kedudukan, guru memiliki sifat terbuka, demokratis. Substansi dan nilai pendidikan yang terkandung di dalam kode etik pendidik dalam proses belajar mengajar yang dilontarkan oleh KH. Ahmad Dahlan memiliki relevansi yang cukup kuat dengan konsepsi dan cita-cita pendidikan nasional saat ini point-point kode etik pendidik yang dijelaskan oleh KH. Ahmad Dahlan, sesungguhnya memiliki relevansi dengan kode etik pendidik yang berlaku di Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemikiran, KH. Ahmad Dahlan, Kode Etik Guru
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2023 21:06
Last Modified: 17 Oct 2023 21:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18316

Actions (login required)

View Item View Item