PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENGENTASKAN PERMASALAHAN ANAK KORBAN KEKERASAN PSIKIS DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIS DAERAH PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK (UPTD PPA) PROVINSI SUMATERA BARAT

Hasibuan, Adawiyah (2023) PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENGENTASKAN PERMASALAHAN ANAK KORBAN KEKERASAN PSIKIS DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIS DAERAH PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK (UPTD PPA) PROVINSI SUMATERA BARAT. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover ,pengesahan tim penguji.Kata Pengantar ,Absrak ,Daftar isiDll)
ADAWIYAH HASIBUAN-1912020078-BKI-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (735kB)
[img] Text (BAB I)
ADAWIYAH HASIBUAN-1912020078-BKI-BAB I.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (BAB III)
ADAWIYAH HASIBUAN-1912020078-BKI-BAB III.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
ADAWIYAH HASIBUAN-1912020078-BKI-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Fulltext)
ADAWIYAH HASIBUAN-1912020078-BKI-Fultext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 11 October 2023.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Konseling Individual Dalam Mengentaskan Permasalahan Anak Korban Kekerasan Psikis Di UPTD PPA Provinsi Sumatera Barat” disusun oleh Adawiyah Hasibuan NIM 1912020078, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekerasan yang mengakibatkan terganggunya psikis anak yaitu dibully, dicaci, pemaksaan terhadap hal yang tidak dikehendaki, diejek, diancam, debentak dan dihardik. Diketahui bahwa anak korban kekerasan psikis di UPTD PPA Provinsi Sumatera Barat, masih mengalami permasalahan gangguan psikis meskipun sudah dilakukan konseling. Adapun permasalahan yang terjadi yaitu, korban masih saja mengalami dampak gangguan psikis seperti stress, susah tidur, susah makan, ketakutan, rasa tidak berdaya, gangguan tubuh ringan seperti sakit kepala dan sakit perut, meskipun sudah dilakukan konseling. Padahal tujuan dari proses konseling adalah untuk merubah perilaku klien kearah positif dan dekat dengan kondisi KES yang tidak terganggu. Tujuan dari temuan ini yaitu untuk mengetahui tahapan dan teknik dalam mengentaskan permasalahan anak korban kekerasan psikis di UPTD PPA Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualatitatif dan pendekatan deskriptif. Subjek dalam temuan ini adalah 2 orang konselor di UPTD PPA Provinsi Sumatera Barat. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan konseling individual dalam mengentaskan permasalahan anak korban kekerasan psikis di UPTD PPA Provinsi Sumatera Barat menggunakan tahapan dan teknik. Tahapan dalam proses konseling ada lima yaitu, tahap pengantaran, yaitu tahap perkenalan atau tahap mengantarkan korban (klien) memasuki kegiatan konseling. Tahap penjajakan, yaitu tahap menjajaki permasalahan yang dialami korban (klien). Tahap penafsiran, yaitu tahap memaknai dan mengartikan masalah korban (klien). Tahap pembinaan, yaitu tahap pengentasan masalah dan pengembangan diri korban (klien). Dan tahap penilaian, yaitu tahap pemberian penilaian terhadap proses konseling yang diberikan konselor berupa penilaian segera, penilaian jangka pendek dan penilaian jangka panjang. Konselor juga menggunakan teknik dalam mengentaskan permasalahan anak korban kekerasan psikis di UPTD PPA Provinsi Sumatera Barat yaitu, teknik 3M, jarak duduk, kontak mata, teknik pertanyaan terbuka, sambung menyambung, pemberian contoh, dorongan minimal dan pemberian informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 14 Oct 2023 05:51
Last Modified: 14 Oct 2023 05:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18290

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item