PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PEMBINAAN ANAK DALAM KELUARGA TERHADAP PENGAMALAN AGAMA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

M., Asri (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PEMBINAAN ANAK DALAM KELUARGA TERHADAP PENGAMALAN AGAMA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. Masters thesis, UIN IB Padang.

[img] Text
M. ASRI NIM 088 16 2596.pdf

Download (7MB)

Abstract

M. Asri, NIM: 088162596. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Anak Dalam Keluarga Terhadap Pengamalan Agama Peserta Didik di SMA Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Tesis: Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, 2018. 200 halaman Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal : Pertama, Pengamalan agama adalah faktor yang sangat urgen dalam kehidupan beragama. Orang yang beragama namun tidak mengamalkan agama sama artinya ia tidak beragama. Kedua, Pengamalan agama peserta didik SMA Negeri 1 Pasaman masih rendah dengan bukti masih ada peserta didik yang belum mengamalkan agama secara totalitas dan ideal yang sesuai dengan tuntunan dan aturan dalam agama Islam, padahal SMA Negeri tersebut merupakan SMA Negeri tertua dan unggul di Kabupaten Pasaman Barat. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam masih belum ideal. Kemudian, belum optimalnya pembinaan anak dalam keluarga. Disebabkan hal ini perlu diadakan penelitian tentang pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Anak dalam Keluarga terhadap Pengamalan Agama Peserta Didik di SMA Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Pengamalan Agama Peserta Didik di SMA Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat; 2) Untuk mengetahui pengaruh Pembinaan Anak dalam Keluarga terhadap Pengamalan Agama Peserta Didik di SMA Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat; 3) Untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Anak dalam Keluarga secara bersama–sama terhadap Pengamalan Agama Peserta Didik di SMA Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode korelasional dan pendekatan kuantitatif serta analisis Regresi Linear Ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik di SMA Negeri 1 Pasaman tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 916 orang. Sampel penelitian berjumlah 86 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Torayamane dengan teknik sampling Stratified Proportional Random Sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket model skala Likert modifikasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti menggunakan bantuan aplikasi SPSS v.22.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa : 1) Pembelajaran pendidikan agama Islam berpengaruh signifikan terhadap pengamalan agama peserta didik di SMA Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat sebesar 33,2%. Persamaan regresinya ialah: Ŷ= 73,103 + 0,501X1 ; 2) Pembinaan anak dalam keluarga berpengaruh signifikan terhadap pengamalan agama peserta didik di SMA Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat sebesar 29,1%. Persamaan regresinya ialah: Ŷ = 55,747 + 0,528X2 ; 3) Pembelajaran pendidikan agama Islam dan pembinaan anak dalam keluarga memberikan pengaruh signifikan secara simultan terhadap pengamalan agama peserta didik di SMA Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat sebesar 38,5%. Persamaan regresi gandanya ialah : Y ̂ = 41,569 + 0,528X1 + 0,289X2. Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Anak, Pengamalan Agama

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2018 04:07
Last Modified: 27 Nov 2018 04:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item