Penerapan Strategi Talking Stick Terhadap Sikap Gotong Royong Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarusan

Sri wahyuli, Suci (2023) Penerapan Strategi Talking Stick Terhadap Sikap Gotong Royong Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarusan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (FULL TEXT)
WATERMARK FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (COVER)
COVER WATERMARK.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (BAB 1)
WATERMARK BAB 1.pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text (BAB III)
WATERMARK BAB III.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (BAB V)
WATERMARK BAB V_merged.pdf - Published Version

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi pembelajaran yang belum maksimal permasalahan, kurangnya sikap gotong royong peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tarusan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini terlihat kendala yang dihadapi oleh peserta didik saat kerja sama umumnya tidak ada kecocokan dalam kelompok, pembagian tugas dalm kelompok tidak merata, tidak saling menghargai pendapat teman dan tidak saling membantu. Akibatnya berdampak pada sikap gotong royong peserta didik yang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi Talking Stick mampu meningkatkan sikap gotong royong peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tarusan. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif bentuk nonequivalent control group. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian control group pre-test dan post-test,serta instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu dengan pengisian lembar penilaian sikap yang terdiri dari observasi guru, penilaian diri sendiri dan penilaian antar teman. Hasil lembar penilaian sikap gotong royong di analisis secara statistik menggunakan SPSS 16,0. Hasil penelitian yaitu: 1). Strategi Talking Stick dapat meningkatkan sikap gotong royong peserta didik melalui penilaian berupa pre-test dan post-test. 2). Sikap gotong royong peserta didik sebelum penerapan strategi Talking Stick pada pre-test kelas eksperimen dengan rata-rata 69,00 3). Sikap Gotong royong peserta didik setelah penerapan strategi Talking Stick pada post-test kelas eksperimen dengan rata-rata 89,94 4). Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi Talking Stick terhadap sikap gotong royong peserta didik, dibuktikan dengan mengunakan uji-T data sikap gotong royong peserta didik memiliki sig 0,000 Dimana lebih kecil dari signifikan 0,05. Hal ini berarti Ha diterima Ho ditolak. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Talking Stick, Sikap Gotong Royong Peserta Didik, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Talking Stick, Sikap Gotong Royong Peserta Didik, Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Talking Stick, Sikap Gotong Royong Peserta Didik, Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Talking Stick, Sikap Gotong Royong Peserta Didik, Ilmu Pengetahuan Sosial. Strategi Pembelajaran Talking Stick
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:34
Last Modified: 19 Jan 2024 08:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17972

Actions (login required)

View Item View Item