Pengaruh Religiusitas terhadap Perilaku Konsumsi Masyarakat Nagari Koto Hilalang

Fauzannah, Rahmi (2023) Pengaruh Religiusitas terhadap Perilaku Konsumsi Masyarakat Nagari Koto Hilalang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover Dan Lain-Lain _ 1916010084)
Cover Dan Lain-Lain_1916010084.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I _ 1916010084)
BAB I - 1916010084.pdf - Published Version

Download (559kB)
[img] Text (BAB III _ 1916010084)
BAB III - 1916010084.pdf - Published Version

Download (471kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA_1916010084)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA - 1916010084.pdf - Published Version

Download (458kB)
[img] Text (Rahmi Fauzannah_1916010084_FullText)
Rahmi Fauzannah - 1916010084 - FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menyajikan pengaruh religiusitas terhadap perilaku konsumsi masyarakat Nagari Koto Hilalang. Manusia dalam kesehariannya tidak terlepas dari kegiatan konsumsi baik dalam memenuhi kebutuhan dasar maupun kebutuhan lainnya. Perilaku ekonomi termasuk perilaku konsumsi tidak dapat dipisahkan dengan keimanan. Nagari Koto Hilalang 100% masyarakatnya beragama islam, namun tidak semua orang paham bagaimana pola konsumsi yang sesuai dengan prinsip ajaran islam. Masih ada masyarakat yang mengkonsumsi untuk sekedar mengikuti perkembangan zaman meskipun tidak terlalu membutuhkan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah religiusitas berpengaruh terhadap perilaku konsumsi masyarakat Nagari Koto Hilalang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap perilaku konsumsi masyarakat di Nagari Koto Hilalang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Objek pada penelitian ini adalah masyarakat Nagari Koto Hilalang dengan 88 orang sampel . Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sample random sampling. Aplikasi yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini adalah dengan aplikasi IBM SPSS 29. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung 7,877 > t tabel 1,988 dan sig. 0,001 < 0,005. Sehingga berdasarkan hal tersebut didapatkan kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya religiusitas berpengaruh terhadap perilaku konsumsi masyarakat Nagari Koto Hilalang. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi didapat nilai R Square sebesar 0,419 yang jika dipersenkan menjadi 41,9%. Hal tersebut berarti religiusitas dapat mempengaruhi perilaku konsumsi sebesar 41,9% dan sebanyak 58,1% perilaku konsumsi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Pola Konsumsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:19
Last Modified: 16 Oct 2023 06:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17728

Actions (login required)

View Item View Item