Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Kurikulum Merdeka Kelas VII SMPN 1 Danau Kembar

Mithelia, Yosi (2023) Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Kurikulum Merdeka Kelas VII SMPN 1 Danau Kembar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Full Text)
FIKS PERBAIKAN SKRIPSI Yosi Mithelia_1914040039 SKRIPSI - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidik yang masih kurang paham dalam membuat modul ajar dan belum tersedianya modul ajar kurikulum merdeka yang berbasis Problem Based Learning (PBL) di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar kurikulum merdeka pada topik bilangan bulat berbasis PBL yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D yang dikembangkan oleh S.Thiagarajan, yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define (pendefenisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Adapun penelitian ini hanya pada tahap define, design, develop. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik angket dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi dan angket praktikalitas pendidik. Subjek penelitian ini adalah validator ahli dalam materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan pendidik mata pelajaran matematika, serta peserta didik kelas VII SMPN 1 Danau Kembar. Objek dalam penelitian ini adalah modul ajar berbasis PBL pada materi bilangan bulat SMP kelas VII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian validator, modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 91,23%. berdasarkan pada hasil pengisian angket praktikalitas menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan sangat praktis digunakan pada pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat dengan rata-rata praktikalitas 93,85% oleh pendidik. Sehingga modul ajar yang dikembangkan memenuhi aspek valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Bilangan bulat, modul ajar, Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bilangan bulat, modul ajar, Problem Based Learning (PBL).
Subjects: U Umum (General)
D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:01
Last Modified: 19 Jan 2024 08:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17711

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item