Hubungan Kontrol Diri dengan Toxic Friendship pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Fauziah, Fauziah (2023) Hubungan Kontrol Diri dengan Toxic Friendship pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Surat Pernyataan, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Tim Penguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Surat Pernyataan, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Tim Penguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (993kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (514kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi berjudul “Hubungan Kontrol Diri dengan Toxic Friendship pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang”. Disusun oleh Fauziah, NIM 1912020051, Program Studi Bimbingan Konseling Islam, pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Dalam hubungan pertemanan ada yang memberikan kontribusi positif dan negatif. Kontribusi positif mengacu pada pengaruh baik, sedangkan kontribusi negatif mengacu pada hubungan pertemanan yang memberi pengaruh buruk atau disebut dengan toxic friendship. Toxic friendship merupakan suatu hubungan pertemanan yang tidak sehat dan hanya mendatangkan efek negatif atau berdampak negatif terhadap diri dan sosialnya. Salah satu faktor untuk menghindari diri dari hubungan toxic friendship adalah kontrol diri yang kuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kontrol diri dengan toxic friendship pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa aktif Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 390 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala kontrol diri dan skala toxic friendship. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tingkat kontrol diri mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang adalah tinggi yaitu sebanyak 54,4%. Sedangkan tingkat toxic friendship pada hubungan pertemanan mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang adalah rendah yaitu sebanyak 52,1%. Hasil uji hipotesis diperoleh kontrol diri dengan toxic friendship memiliki hubungan yang signitifikan dengan hasil nilai koefisien pearson correlation adalah -0,554 dengan taraf nilai signitifikansi 0,000, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya ada hubungan negatif antara kontrol diri dan toxic friendship. Semakin tinggi kontrol diri maka akan semakin rendah toxic friendship pada hubungan pertemanan dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Kontrol Diri, Toxic Friendship, Tinggi, Rendah
Subjects: Psicology Teology Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:49
Last Modified: 11 Oct 2023 03:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17202

Actions (login required)

View Item View Item