Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPS Studi Kasus:Di Madrasah Tsanawiyah Bawan Kabupaten Agam

Elnita, Ayu (2023) Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPS Studi Kasus:Di Madrasah Tsanawiyah Bawan Kabupaten Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
cover dkk.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Bab lll)
BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Bab v)
BAB V- DTR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Full text)
Skripsi Lengkap Ayu.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran IPS Studi Kasus: di Madrasah Tsanawiyah Bawan Kabupaten Agam”, disusun oleh Ayu Elnita NIM. 1914090059 Program Studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1445 H/2023 M. Penelitian ini dilatar belakangi dari masalah rendahnya motivasi belajar, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya kedisiplinan siswa dalam mengumpulkan tugas, kurangya kesadaran siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai usaha dalam kegiatan belajar yang masih rendah sekaligus menentukan penyebab dari rendahnya motivasi belajar siswa serta kedisiplinan siswa dalam mengumpulkan tugas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui kegiatan observasi, terhadap penguatan pendidikan karakter pembelajaran dalam kegiatan belajar meliputi kegiatan mendengarkan, memperhatikan, bertanya, menanggapi pertanyaan, membaca dan mengerjakan tugas. Selain itu juga dilakukan wawancara serta dilengkapi dengan analisis dokumen. Agar data dalam penelitian ini dapat dipercaya, maka digunakan trangulasi data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitianya adalah siswa kelas VII yang berjumlah 22 orang serta guru bidang studi IPS kelas tersebut. Dari hasil penelitian dilapangan maka dapat diperoleh bahwa terdapat beberapa penguatan pendidikan karakter yang diteliti di kelas VII, Penguatan pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan perangkat pembelajaran. Kemudian kemampuan guru untuk menciptakan sesuatu yang baru dalam pembelajaran IPS sudah tergolong baik dan penguatan siswa dalam kegiatan mendengarkan, memperhatikan, bertanya, menanggapi pertanyaan dan mengerjakan tugas tergolong dalam kategori cukup baik. Kata kunci: Penguatan, Karakter, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Karakter, Pembelajaran Ips
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:19
Last Modified: 06 Feb 2024 07:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16857

Actions (login required)

View Item View Item