Penerapan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VIII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMP N 2 Gunung Talang

Amelia, Siska (2023) Penerapan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VIII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMP N 2 Gunung Talang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Siska Amelia_1914010044_COVER-DAFTAR LAMPIRAN (1).pdf - Published Version

Download (885kB)
[img] Text (BAB I)
Siska Amelia_1914010044_BAB I.pdf - Published Version

Download (573kB)
[img] Text (BAB III)
Siska Amelia_1914010044_BAB III.pdf - Published Version

Download (902kB)
[img] Text (BAB V & Daftar Pustaka)
Siska Amelia_1914010044_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (Full Text)
Siska Amelia_1914010044_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keaktifan belajar kelas eksperimen, kelas kontrol dan untuk menjawab rumusan masalah signifikan perbedaan keaktifan belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Gunung Talang. Manfaat teoritis penelitian adalah sebagai bahan pedoman secara ilmiah tentang penerapan model pelajaran rotating trio exchange terhadap peningkatan keaktifan belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Manfaat praktis penelitian ini bisa dimanfaatkan oleh peserta didik, sekolah dan peneliti lanjutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 2 Gunung Talang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekink sampling purposive, Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII A dan kelas kontrol adalah kelas VIII C. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran rotating trio exchnge dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memberikan hasil keaktifan belajar yang lebih baik daripada pembelajaran dengan menggunakan model konvensional di kelas VIII SMP N 2 Gunung Talang, hal tersebut tergambar pada nilai Post-test kelas eksperimen (85, 78) lebih tinggi dibandingkan nilai Post-test kelas kontrol (75,67).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange, Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:16
Last Modified: 30 Jan 2024 04:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16761

Actions (login required)

View Item View Item