Jannah, Zahrotul (2023) Pengaruh Pelatihan Kepercayaan Diri pada Siswa yang Terdampak Body Shaming di SMK Negeri 03 Kota Bengkulu. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover)
COVER Zahrotul Jannah.pdf - Published Version Download (663kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I Zahrotul Jannah.pdf - Published Version Download (454kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III Zahrotul Jannah.pdf - Published Version Download (349kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V Zahrotul Jannah.pdf - Published Version Download (319kB) |
|
Text (Full Skripsi)
Full skripsi Zahrotul Jannah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Remaja merupakan peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa yang ditandai dengan adanya perubahan dari biologis, kognitif, dan sosio-emosional. Perubahan biologis tidak selalu baik berujung pada ejekan, hinaan atau cemoohan yang disebut body shaming. Perilaku body shaming dapat membuat remaja merasa tidak percaya diri dengan tubuhnya. Percaya diri merupakan keyakinan akan kemampuan positif yang dimilikinya. Sehingga kurang rasa percaya diri dapat mempengaruhi hubungan remaja dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri pada siswa yang terdampak body shaming. Penelitin ini menggunakan metode penelitian eksperimen desain pretest-postest control group design dengan follow up. Populasi penelitian ini ialah siswa SMK Negeri 03 Kota Bengkulu Jurusan Kecantikan dan Tata Busana dan sampel berjumlah 19 orang, 10 kelompok eksperimen dan 9 kelompok kontrol. Sampel dipilih dengan purposive sampling. Pengumpulan data untuk mengungkap kepercayaan diri menggunakan skala kepercayaan diri. Analisis data penelitian dilakukan dengan uji homogenitas Lavene, uji nomalitas Shapiro-Wilk, dan uji hipotesis mix ANOVA within subject-beetwen subject test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data homogen dan berdistribusi normal. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan kepercayaan diri antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai F=11.051 (p<0,05) yang artinya bahwa terdapat interaksi antara time (pretest, postest, dan follow up) dengan kelompok (eksperimen dan kontrol) sebesar 0,003 dimana nilai ini <0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perubahan atau interaksi dari skor pretest menuju posttest dan follow up pada kedua kelompok. Hasil menujukkan bahwa pelatihan kepercayaan diri dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Berdasarkan uji multivariate test untuk melihat efektivitas pelatihan kepercayaan diri memiliki kontribusi sebesar 81,8% untuk meningkatkan kepercayaan diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan Diri, Body Shaming |
Subjects: | Psicology Teology Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FUSA |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 03:29 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 03:29 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16615 |
Actions (login required)
View Item |