Kondisi Psikologis Dewasa Madya yang Mengalami Kecanduan Game Higgs Domino di Nagari Koto Panjang

Saputra, Riyan (2023) Kondisi Psikologis Dewasa Madya yang Mengalami Kecanduan Game Higgs Domino di Nagari Koto Panjang. Skripsi thesis, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

[img] Text (Bab 1)
Riyan Saputra.NIM 1815040149.BAB 1.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (Bab 3)
Riyan Saputra.NIM 1815040149.BAB 3.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (Bab 5 - Daftar Pustaka)
Riyan Saputra.NIM 1815040149.BAB 5-DAPUS.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (cover)
Riyan Saputra.NIM 1815040149.FULL TEXT baru-cover.pdf - Published Version

Download (771kB)
[img] Text (full text)
Riyan Saputra.NIM 1815040149.FULL TEXT baru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “KONDISI PSIKOLOGIS DEWASA MADYA YANG MENGALAMI KECANDUAN GAME HIGGS DOMINO DI NAGARI KOTO PANJANG” disusun oleh Riyan Saputra NIM. 1815040149, Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya game online diberbagai kalangan termasuk pada kalangan dewasa madya, game online dengan cara berlarut-larut juga dapat berpengaruh terhadap psikologis seseorang, yang mana pengaruh psikologis itu adalah kecanduan yang menghabiskan waktu, salah satunya bermain game Higgs Domino. Kecanduan akan kemenangan yang menggiurkan membuat para pemain rela menghabiskan waktu tanpa hingga mendapatkan jackpot atau bisa dikenal dengan scatter. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Responden dalam penelitian ini adalah dua orang pria usia dewasa madya. Pengambilan data terhadap kedua responden dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa game higgs domino dapat mempengaruhi kondisi psikologis kedua informan, baik aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Game higgs domino membuat kedua informan menjadi kurang fokus dalam kegiatan sehari-hari dan membuat informan menjadi tidak dapat mengambil keputusan dengan baik, sehingga masih memilih untuk bermain game higgs domino, meskipun mengetahui bahwa games tersebut membuat informan lebih banyak pengeluaran dibandingkan dengan pendapatan dari games tersebut. Game higgs domino sangat berpengaruh terhadap afektif mereka dalam keseharian. Ketika memenangkan permainan, mereka merasa senang dan bersemangat untuk berkegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Psikologi, Dewasa Madya, Games Online (Higgs Domino)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 13 Dec 2023 02:39
Last Modified: 13 Dec 2023 02:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16475

Actions (login required)

View Item View Item