KOMUNIKASI PERSUASIF DRIVER MAXIM BIKE DALAM MENJAGA MINAT PELANGGAN DI KOTA PADANG

Arif, Khairul (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF DRIVER MAXIM BIKE DALAM MENJAGA MINAT PELANGGAN DI KOTA PADANG. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text (Cover, Abstrak, Kata Pengantar, Pengesahan, Daftar Isi)
COVER.pdf - Published Version

Download (659kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I-Khairul Arif-1912010046.pdf - Published Version

Download (589kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III-Khairul Arif-1912010046.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (BAB V (Daftar Pustaka))
BAB V-Khairul Arif-1912010046.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (FULL TEKS)
FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Khairul Arif. 2023. Komunikasi Persuasif Driver Maxim Bike dalam menjaga Minat Pelanggan di Kota Padang. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Pembimbing Prof. Dr. H. Irta Sulastri, M.Si dan Dr. Sheiful Yazan, M.Si Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Minat Pelanggan Maxim Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis proses komunikasi persuasif yang digunakan oleh para driver Maxim dalam upaya menjaga minat pelanggan di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara kepada driver Maxim. Pengambilan data dilakukan secara Snowball Sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan mengidentifikasi proses komunikasi yang digunakan oleh para driver. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi persuasif yang di kemukakan oleh Carl Hovland. Adapun batasan masalah pada penelitian ini fokus pada proses komunikasi driver maxim bike dalam mempengaruhi minat pelanggan di Kota Padang dan apa saja faktor pendorong dan penghambat driver Maxim bike dalam upaya menjaga minat bagi pelanggan di Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa driver Maxim bike memahami pentingnya melayani pelanggan dengan profesional, dengan memperhatikan komunikasi yang baik. Bentuk komunikasi persuasif driver yang digunakan meliputi komunikasi informatif, antarpribadi, dan koersif, seperti kesabaran, kesantunan, kesopanan, mudah menolong, dan tanggap. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa komunikasi persuasif driver yang sesuai dengan teori Corl Hovland yang mencakup argumen yang kuat, menarik perhatian, dan kredibilitas, yaitu bahasa yang menyakinkan, komunikasi lemah lembut, sopan, kesabaran dalam melayani, tawaran pilihan alternatif, dan rekomendasi tempat menarik. Faktor pendorong meliputi sikap sopan dan ramah dari driver, kemudahan menggunakan layanan Maxim, promo menarik, dan layanan pusat bantuan. Sementara itu, faktor penghambat mencakup masalah jaringan internet, perilaku driver yang melanggar etika, persaingan dengan aplikasi transportasi online lain, dan kelakuan pelanggan iseng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Minat Pelanggan Maxim
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Komunikasi dalam Pembelajaran, Komunikasi dalam Pengajaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:33
Last Modified: 09 Oct 2023 06:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item View Item