Motif Penggunaan Tiktok Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Imam Bonjol Padang

Lasri, Lasri (2023) Motif Penggunaan Tiktok Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover, Persetujuan Pembimbing. Pengesahan Penguji, Kata Pengantar, Daftar Isi)
coverr.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I skripsii pdf.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III skripsi pdf.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
bab V daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (FULL TEXT)
fulltext lasri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Lasri Nim 1912010068 dengan judul “Motif Pengguna TikTok Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Imam Bonjol Padang” Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. TikTok telah menjadi fenomena media sosial yang signifikan di kalangan generasi muda, karena pengaruhnya yang kuat terhadap perilaku dan budaya digital mereka. Memahami motif penggunaan TikTok oleh generasi milenial menjadi penting karena hal itu dapat memberikan wawasan yang berharga dalam mengenali kebutuhan, preferensi, dan pola perilaku mereka. Generasi muda seperti para mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam yang ada di UIN Imam Bonjol Padang juga merupakan pengguna aktif TikTok. Ini akan menimbulkan suatu perilaku penggunaan media sebagai perwujudan dari motif untuk menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif penggunaan TikTok mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Imam Bonjol Padang. Dengan menggunkan teori yang dikemukakan oleh Paparachi dan Rubin terkait motif interpersonal utility, motif passing time, motif information seeking, motif entertainment, motif convenience dalam menggunakan sosial media. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data berupa kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) motif interpersonal utility mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam, yaitu keinginan untuk mengekspresikan diri, mendapatkan pengikut, respon, dan pengakuan dari pengguna TikTok lain. (2) motif motif passing time, untuk pengalihan rasa bosan dan adanya waktu luang untuk menggunakan TikTok. (3) motif information seeking, berupa keinginan memperoleh informasi, inspirasi dan motivasi melalui TikTok. (4) motif entertainment, adanya keinginan mendapatkan hiburan dan kesenangan menikmati fitur yang tersedia pada TikTok. (5) motif convenience, karena kemudahan mengakses, berinteraksi dan keselamatan privasi menggunakan TikTok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motif, Pengguna, Tiktok,
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:27
Last Modified: 09 Oct 2023 07:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16132

Actions (login required)

View Item View Item