Andifa, Rosa (2023) Adversity Qoutient Guru dalam Mengajar di SLBN 1 Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA.
Text (COVER, ABSTRAK DAN PENGESAHAN)
Rosa Andifa. NIM 1915040007. COVER. pdf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
|
Text (BAB 1)
Rosa Andifa. NIM 1915040007. BAB 1.pdf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text (BAB III)
Rosa Andifa. NIM 1915040007. BAB III. pdf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text (BAB V)
Rosa Andifa. NIM 1915040007. BAB V.pdf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
Text (FULL TEXT)
Rosa Andifa. NIM 1915040007. full text.pdf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena kesulitan guru dalam mengajar seperti komunikasi guru dengan siswa dan guru kesulitan untuk mengfokuskan konsentrasi siswa ketika mengajar serta kesulitan untuk memahami karakteristik dan perilaku dengan jenis gangguan yang berbeda dimiliki oleh setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana adversity quotient guru dalam mengajar di SLBN 1 Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan dilihat dari segi aspek kendali, asal-usul dan pengakuan, jangkauan dan daya tahan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang menjadi subjek dan perilaku yang dapat diamati.Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yang ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan subjek berdasarkan kriteria dan ciri-ciri tertentu yang dimiliki subjek.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adversity quotient guru dalam mengajar pada aspek kendali subjek mampu menghadapi kesulitan pada saat mengajar. Dan subjek dapat mengatasi kesulitan yang mereka hadapi yaitu dengan cara sabar dan selalu happy pada saat mengajar, dan subjek dapat mengendalikan sikap siswa. Pada aspek asal-usul dan pengakuan subjek pernah marah kepada siswa tapi tidak menunjukkan marah tidak pakai emosi tetapi subjek marah kepada siswa dengan cara memberikan nasehat. Dan subjek mengakui rasa bersalah ketika tidak memahami karakteristik dan perilaku siswa. Pada aspek jangkauan subjek mampu membatasi jangkauan dan permasalahan dari kesulitan yang dialami pada saat mengajar tanpa melibatkan orang lain. Dan subjek mampu memahami kondisi siswa ketika siswa sulit untuk memahami pelajaran dengan cepat. Pada aspek daya tahan subjek mampu untuk bertahan dalam menghadapi kesulitan dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. KataKunci: Adversity Quotient, Guru, Mengajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adversity Quoteint, Guru, Mengajar |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FUSA |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 01:40 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 01:40 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15830 |
Actions (login required)
View Item |