Perencanaan Materi Dakwah Pada Majelis Ta'lim Ranting 'Aisyiyah Durian Tarung Kecamatan Kuranji Kota Padang

Putri, Ririn Feni (2023) Perencanaan Materi Dakwah Pada Majelis Ta'lim Ranting 'Aisyiyah Durian Tarung Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB_I[1].pdf - Published Version

Download (503kB)
[img] Text (BAB III)
BAB_III[1].pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Perencanaan Materi Dakwah Pada Majelis Ta‟lim Ranting „Aisyiyah Durian Tarung Kecamatan Kuranji Kota Padang” disusun oleh Ririn Feni Putri, NIM 1812030009, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negri (UIN) Imam Bonjol Padang. Latar Belakang Penelitian Ini adalah Perencanaan Materi Dakwah Oleh Da’i Pada Majelis Taklim ‘Aisyiyah Kec. Kuranji yang sebagaimana dalam menyampaikan materi dakwah da’i menggunakan beberapa rencana seperti, merancang program dari materi yang disampaikan, menyesuaikan kondisi mad’u dan menggunakan pendekatan khusus dan sekali pakai dengan memberikan suatu tanya jawab kepada mad’u. Oleh karena itu, untuk mengetahui bagaimana rencana materi dakwah yang digunakan oleh da’i, maka penulis melakukan penelitian pada majelis taklim ‘Aisyiyah Kec. Kuranji, Kota Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseacr). Sumber data dalam penelitian ini data primer yaitu ketua majelis taklim ‘Aisyiyah, Da’i dan beberapa anggota majelis taklim ‘Aisyiyah. Data sekunder yaitu dokumentasi, surat-surat dan SK. Teknik pengelolaan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan cara reduksi data, ,menyeleksi data, analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Rencana Srategis dan Operasional dalam pemberian Materi dakwah di Majelis Ta’lim ‘Aisyiyah Kuranji Kota Padang dalam penyampaian materi dakwah mencakup sudut pandang yang lebih luas, karena mencakup seluruh aspek kehidupan, yang dimaksud yaitu pada kerangka waktu, jangkauan atau sasaran dan cantuman rangkaian organisasi dakwah tersebut. 2) Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang dalam pemberian Materi dakwah di Majelis Ta’lim ‘Aisyiyah Kuranji Kota Padang adalah dalam setiap kegiatan perlu adanya perkiraan jangka panjang dan pendek untuk menghindari resiko kegagalan dan sebagai perencanaan yang berorientasi ke masa depan agar setiap kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan penyampaian materi dakwah perlu adanya perencanaan efektif dan efisein yang harus dilakukan dan diterapkan oleh seorang da’i agar mad’u merasa puas dengan apa yang disampaikan oleh da’i tersebut. 3) Rencana Khusus dan Sekali Pakai dalam pemberian Materi dakwah di Majelis Ta’lim ‘Aisyiyah Kuranji Kota Padang adalah dalam setiap kegaiatan perlu adanya rencana khusus dan rencana sekali pakai agar setiap kegiatan merasa lebih menarik dan tidak bosan dalam mendengarkan materi dakwah yang disampaikan, yang harus dilakukan dan diterapkan oleh seorang da’i agar mad’u merasa puas dengan apa yang disampaikan oleh da’i tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Manajemen Dakwah, Materi Dakwah
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 05 Oct 2023 15:06
Last Modified: 05 Oct 2023 15:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15389

Available Versions of this Item

  • Perencanaan Materi Dakwah Pada Majelis Ta'lim Ranting 'Aisyiyah Durian Tarung Kecamatan Kuranji Kota Padang. (deposited 05 Oct 2023 15:06) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item