Sya'adah, Miftahu (2023) Kesadaran Beribadah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Solok. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Text (COVER, PENGESAHAN, PERSETUJUAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI)
COVER, PENGESAHAN, PERSETUJUAN, KP, DI.pdf - Published Version Download (814kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (558kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (446kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (694kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kesadaran beribadah siswa di MTsN 2 Solok, (2) Faktor pendukung dan penghambat kesadaran beribadah siswa MTsN 2 Solok, (3) Upaya guru dalam menanamkan kesadaran beribadah kepada siswa MTsN 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penetapan subjek dilakukan dengan cara snowball sampling Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara langsung yang ditujukan kepada beberapa orang pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh, 1) Keadaan kesadaran beribadah siswa MTsN 2 Solok masih rendah. Kurangnya kesadaran beribadah siswa terutama dalam salat disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu ada upaya guru dalam menanamkan kesadaran beribadah siswa yaitu memberikan nasihat dan motivasi kepada siswa baik didalam maupun diluar kelas, memberikan sanksi kepada siswa yang tidak melaksanakan salat, bekerja sama dengan sesama guru dalam mengawasi ibadah salat siswa, dan memberikan tauladan yang baik kepada agar siswa termotivasi untuk ikut melaksanakan ibadah salat. 2) Faktor pendukungnya antara lain (a) adanya sarana dan prasarana yang memenuhi, (b) kesadaran dari diri-sendiri, (c) adanya dorongan dari guru dalam mengajak siswa untuk melaksanakan salat, memberi peringatan dan contoh yang baik kepada siswa Selain faktor pendukung, dalam meningkatkan kesadaran beribadah, terdapat faktor penghambatnya antara lain (a) perhatian orang tua terhadap ibadah siswa, (b) kurangnya ilmu dan wawasan siswa tentang salat, (c) teman, (d) meski sarana dan prasarana memenuhi, namun pada saat tertentu debit air kurang memadai. 3) Upaya guru yakni memberikan nasehat dan motivasi kepada siswa, memberikan contoh yang baik, bekerja sama dengan sesama guru dalam mengawasi ibadah siswa, memberi sanksi kepada siswa yang melanggar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesadaran, beribadah |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 07:06 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 07:06 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15027 |
Actions (login required)
View Item |