Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Di SMP Negeri 6 Padang

Bella, Diandra (2023) Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Di SMP Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Full Text skripsi)
Skripsi Full Text Diandra Bella 1914090079.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (cover, abstrak, pengesahan, perstujuan kata pengantar, daftar isi Diandra)
cover, abstrak, pengesahan, persetujuan, kata pengantar,daftar isi Diandra Bella.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Skripsi Diandra Bella.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Skripsi Diandra Bella.pdf - Published Version

Download (486kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V Dan Daftar Putaka Skripsi Diandra Bella.pdf - Published Version

Download (480kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran setelah Covid-19 dengan diberlakukan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka berusaha yang mengakomodir kebutuhan belajar dan keberagaman peserta didik yang memiliki gaya belajar yang berbeda atau disebut dengan pembelajaran berdieferensiasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru mempersiapan, menerapkan serta apa saja kendala dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di SMP Negeri 6 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan melalui wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah sumber primer yaitu guru penggerak mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), guru penggerak mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan peserta didik. Sedangkan sumber sekundernya yaitu buku, jurnal, penelitian yang relevan. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan pada pelaksanaan pembelajaran berdieferensiasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pertama, kesiapan guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi bahwa guru di SMP Negeri 6 Padang belum siap mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dengan baik dikarenakan asesmen diagnotik tidak ditemukan pada studi dokumen akan tetapi guru kelas VII.2 telah melakukan pemetaan berdasarkan kemampuan test diagnotik yang hight, middle dan low. Kedua, penerapan pembelajaran berdiferensiasi, guru di SMP Negeri 6 belum maksimal untuk mengimplementasikan pembelajaran berdifrensiasi dikarenakan guru masih saja terkadang belum memenuhi kebutuhan peserta didik secara optimal. Ketiga, ditemukan kendala dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu sumber daya yang terbatas, salah satu sumber daya yang terbatas adalah terbatasnya waktu dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi, karena dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi membutuhkan waktu yang cukup lama dengan melihat penyesuian kebutuhan belajar peserta didik. Kemudian kendala pendidik yakni belum mampu menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi konten dan produk yang mana guru masih mesnyamakan semua materi yang akan dipelajari dan hasil pekerjaan setelah mempelajari materi pelajaran, baik bagi peserta didik yang memiliki nilai hight, middle dan low. Dan kendala bagi peserta didik yaitu kurangnya konsentrasi peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung dikarenakan sebagian peserta didik berbicara dengan kelompok lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:25
Last Modified: 11 Oct 2023 02:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14994

Actions (login required)

View Item View Item