Rahmi, Annisa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Literasi Baca Kelas 1 SDN 30 Timbulun. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (BAB I)
BAB I (3).pdf - Published Version Download (417kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III (3).pdf - Published Version Download (469kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (310kB) |
|
Text (COVER,PERSETUJUAN PEMBIMBING,PENGESAHAN,KATA PENGANTAR,ABSTRAK,DAFTAR ISI)
SKRIPSI RAHMI REALllllll-1-16.pdf - Published Version Download (640kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI RAHMI REALllllll water mark.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Annisa Rahmi. NIM 1914070051. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Literasi Baca Peserta Didik Kelas 1 SDN 30 Timbulun, skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 165 Halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya literasi baca peserta didik di Sekolah Dasar. Diantara penyebab rendahnya literasi baca itu adalah kurang tersedianya media pembelajaran yang berupa buku cerita bergambar dan media yang digunakan kurang menarik sehingga mengakibatkan kurangnya literasi baca. Media yang sudah dikembangkan sebelumnya masih banyak menggunakan teks dari pada gambar sehingga peserta didik kelas rendah kurang minat dalam literasi baca. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan literasi baca berbentuk buku yang interaktif dan menarik menggunakan media buku cerita bergambar dengan tampilan gambar yang menarik dengan warna-warna yang disukai peserta didik sehingga dapat membantu meningkatkan literasi baca peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media berupa buku cerita bergambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia bab 7 Aku ingin Tema Membedakan keinginan dan kebutuhan untuk peserta didik kelas I SDN 30 Timbulun yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menurut Plomp terbagi tiga tahapan, yaitu: peneliti (Prelimentary Research), fase pengembangan atau prototipe (Development or Prototyping phase) dan fase penilaian (Assessement phase). Uji validitas dari penelitian ini adalah validator ahli materi, validator ahli media dan validator ahli bahasa. Uji praktikalitas diberikaan kepada 1 orang pendidik dan 2 dari peserta didik. Teknik analisis datanya menggunakan angket dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar sangat valid dan praktis. Hasil validitas yang diperoleh dari aspek materi, bahasa, dan media memperoleh rata-rata 93%, sedangkan hasil praktikalitas dari pendidik dan peserta didik memperoleh rata-rata praktikalitas sebesar 77.0 %. dapat disimpulkan media buku cerita bergambar dikategorikan sangat valid dan praktis untuk meningkatkan literasi baca peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, buku cerita bergambar, Literasi Baca |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 05:06 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 05:08 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14293 |
Actions (login required)
View Item |