Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Penanaman Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN 22 Koto Baru Solok

Fathin, Redha Azhar (2023) Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Penanaman Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN 22 Koto Baru Solok. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover, pengesahan, persetujuan pembimbing, abstrak, kata pengantar, daftar isi)
Cover,pengesahan, persetujuan pembimbing, abstrak, kata pengantar, daftar isi.pdf - Published Version

Download (863kB)
[img] Text (BAB I Redha azhar fathin 1914070069)
BAB I Redha azhar fathin 1914070069.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text (BAB III Redha azhar fathin 1914070069)
BAB III Redha azhar fathin 1914070069.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (BAB V Redha azhar fathin 1914070069)
BAB V Redha azhar fathin 1914070069.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (skripsi full text Redha azhar fathin 1914070069)
Skripsi Full text Redha azhar fathin 1914070069.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka dalam penanaman nilai karakter pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 22 Koto Baru Solok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif atau hasil yang didapatkan melalui kegiatan obeservasi di lapangan. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidik belum bisa keluar dari zona nyaman, serta pembiasaan penanaman nilai karakter telah dilakukan Pendidik dengan mencontohkan karakter yang baik kepada peserta didik baik diluar pembelajaran maupun dalam pembelajaran, ketika proses pembelajaran berlangsung Kegiatan pembiasaan yang dilakukan dalam kelas sebelum belajar yakni sebelum memulai pembelajaran pendidik menyuruh peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajar. Faktor pendukung penanamanan karakter berasal dari pendidik namun dalam penanaman nilai karakter pada anak juga harus dimulai dari lingkungan kelurga terlebih dahulu sehingga memudahkan pendidik memberikan arahan kepada peserta didik dan perlu juga kerjasama orang tua dengan pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Karakter, Pendidikan Pancasila
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:16
Last Modified: 05 Oct 2023 04:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14182

Actions (login required)

View Item View Item