Syafril, Wahyu Putri (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTsN 2 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (Cover, Pengesahan, Pesertujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Pengesahan, persetujuan pembimbing, kata pengantar, daftar isi.pdf - Published Version Download (871kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (494kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (615kB) |
|
Text (BAB V, Daftar Pustaka)
BAB V, Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (426kB) |
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran serta penerapan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional dalam menyampaikan materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTsN 2 Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTsN 2 Kota Padang pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitiannya Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 2 Kota Padang. Pengambilan sampel dilakukan secara non random sampling dengan jenis Quota Sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai pada uji post-test kelas eksperimen mencapai persentase 86,67%. Sedangkan hasil uji post-test kelas kontrol mencapai persentase 50%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS Statistic 25 for Windows, maka diperoleh hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 maka disimpulkan bahwa Sig.(2-tailed) < 0,05 artinya 0,001 < 0,05. Maka demikian dapat disimpulkan bahwa H_O ditolak dan H_A diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Index Card Match pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTsN 2 Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Index Card Match, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | Agama Islam > Sejarah Islam U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 08:26 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 08:26 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13938 |
Actions (login required)
View Item |