Pengaruh Inflasi, Suku Bunga Bank Indonesia, dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Harga Indeks Saham LQ45 pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2022

Nestita, Windi (2023) Pengaruh Inflasi, Suku Bunga Bank Indonesia, dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Harga Indeks Saham LQ45 pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2022. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text (Cover, Persetujuan dan Pengesahan)
COVER-PERSETUJUAN-PENGESAHAN-KEORISINILAN-KP-DAFTRA ISI DAN LAINNYA-WINDI NESTITA(1916040075).pdf - Published Version

Download (631kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III REPOSITORY WINDI.pdf - Published Version

Download (560kB)
[img] Text (BAB V & DAPUS)
BAB V & DAPUS REPOSITORY WINDI.pdf - Published Version

Download (514kB)
[img] Text (Full text)
SKRIPSI_WINDI_NESTITA_MUNAQASYAH_WINDI NESTITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Saham telah menjadi alat investasi yang populer di era digital saat ini, dan pada umumnya investor akan tertarik untuk berinvestasi pada saham emiten yang memiliki fundamental yang baik. Indeks Saham LQ45 merupakan alternatif IHSG yang memudahkan pelaku pasar atau investor untuk memilih saham pilihan. Kinerja indeks saham LQ45 tidak selalu cemerlang, banyak faktor yang cenderung mempengaruhinya, seperti faktor ekonomi makro yang beradaptasi sangat cepat saat emiten go public seharusnya mempengaruhi pembentukan harga saham di bursa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, dan menganalisis pengaruh Inflasi, Suku Bunga BI, dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Indeks Saham LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi terdiri dari data time series selama 60 bulan yakni periode Januari 2018-Desember 2022. Data sekunder dianalisis menggunakan teknik analisis regresi time series dengan didukung software Eviews 12. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan uji T. Berdasarkan hasil uji F (simultan) didapatkan hasil bahwa Inflasi, Suku Bunga BI, dan Nilai Tukar Rupiah berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Indeks Saham LQ45. Hasil uji T (parsial) menunjukkan bahwa Inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Saham LQ45, Suku Bunga BI berpengaruuh positif dan tidak signifikan terhadap Indeks Saham LQ45, sedangkan Nilai Tukar Rupiah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks Saham LQ45. Kata kunci: Inflasi, Suku Bunga BI, Nilai Tukar Rupiah, dan Indeks Saham LQ45.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inflasi, Suku Bunga BI, Nilai Tukar Rupiah, dan Indeks Saham LQ45.
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:02
Last Modified: 02 Oct 2023 04:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13590

Actions (login required)

View Item View Item